Sungguh bijak dan benar sekali kata-kata dari pak Koesoema,.. mungkin hanya
waktu yang akan memutuskan.

Bagi saya ini bukan masalah kalah menang, tetapi mencari jawaban apa yang
sesungguhnya terjadi. Dalam hal ini tidak ada pihak yang menang, baik Lapindo,
rakyat sekitar maupun Davies cs. Lusi merupakan fenomena kelas dunia, masa
hanya peneliti asing saja yang asik menggeluti kejadian dipekarangan rumah kita
dan hanya mereka yang nulis di jurnal2 scientific. Karena itulah saya
tergelitik untuk mencoba memahami fenomena ini. Tidak ada salahnya kita terus
menggali dan melakukan studi berdasarkan data2 yang ada.

Pada awalnya kita semua, termasuk saya mengira ini bersumber dari sumur, namun
ada beberapa kejanggalan yang saya amati. Jika lumpur bersumber dari bocornya
sumur karena "hydro-fractured", kenapa sumur dalam keadaan statis dan tidak
kehilangan drilling mud? Drilling merupakan closed-system, kalau ada yang
bocor, seharusnya volume drilling mud berkurang. Ibaratnya kalau bak kamar
mandi kita bocor, permukaan airnya pasti turun karena volume berkurang. Lalu
kenapa masih bisa sirkulasi kalau dianggap sudah bocor? Tekanan yang diamati
baik di annulus maupun di drillpipe tidak menunjang adanya kebocoran disumur.
Juga saat sample lumpur diambil dibeberapa tempat lalu dianalisa, tidak ada
trace oil based mud yang dipakai sebagai drilling mud. Ini hanya sedikit contoh
dari beberapa kejanggalan2 yang membuat saya berfikir dua kali.

Untuk mas Agus Hendratno, baiknya drilling report tersebut dilengkapi dengan
real time chart mas, supaya bisa cross-check laporan karena drilling report
bisa saja subjektif dan bias. Ditunggu ketoprakan mas,.. hehe

Wass.
Bambang