Saya sedikit berbeda pendapat dengan Pak Awang mengenai PoS. Saya tidak
melihatnya secara statistik frequensial seperti yang diutarakan Pak Awang
dimana PoS 20 % diartikan dari 5 sumur yang dibor minimal akan ada satu
sumur sukses. Karena setiap sumur pasti mempunyai nilai PoS sendiri yang
dibangun dari data, asumsi, knowledge dan resiko yang kita identifikasi.

Saya lebih mengartikan PoS 20 % adalah probabilitas sumur tersebut
menemukan reservoir dengan parameter yang kita prediksi dan 20 %
kemungkinan membuktikan cadangan dalam range paling tidak mode kalau sumur
itu sukses. Sementara rasio keberhasilan sumur itu sendiri bagi saya
tetaplah biner (dry or discovery).

Pengartian seperti diatas sedikit tidak relevan bila kita akan membor
sumur dengan nilai PoS 70 % di lapangan Sisi-Nubi misalnya yang sudah ada
banyak sumur. Kita tidak bisa bilang bahwa dari 10 sumur yang akan dibor 7
akan sukses. Secara intuitive saja kita bisa menduga bahwa sumur tersebut
akan menemukan cadangan (discovery) dan secara statistik sumur yang sudah
dibor di field tersebut rasio kesuksesan adalah 100 %.

Mungkin definisi PoS saya tidak seperti yang dimaksud Pak Awang. Kalau
penegrtian PoS seperti apa yang saya maksudkan, saya tidak yakin bisa
meyakinkan Pak Noor untuk membor sumur yang kelima (PoS 20%) di deepwater
Makassar (dengan cost 50 juta) misalnya dimana empat sumur sebelumnya dry.
Lagipula tidak terlalu sehat untuk karir eksplorasi kita....  : - )

Salam

cp

Awang Satyana <awangsaty...@yahoo.com>
28/04/2010 08:39
Please respond to
<iagi-net@iagi.or.id>

iagi-net@iagi.or.id
cc
fo...@hagi.or.id
Subject
Bls: Re: [iagi-net-l] Another dissapointing results on North Makassar

Geologi yang memang akan menentukan suatu play itu masih harus terus
dikerjakan atau segera ditinggalkan saja. Tetapi, dalam hal risiko,
statistik sudah bermain, dan manajemen banyak membuat keputusan
berdasarkan statistik. Hubungan antara berapa banyak pantasnya sumur dibor
untuk pembuktian play ditentukan oleh POS-nya sendiri. Bila POS-nya 20 %,
artinya dari 10 sumur dibor 2 akan berhasil, atau dari 5  sumur dibor 1
berhasil, maka jumlah maksimum sumur eksplorasi untuk membuktikannya
adalah 5 sumur. Jadi, makin tinggi POS play, makin sedikit sumur
eksplorasi dibutuhkan, sebaliknya makin rendah POS makin banyak sumur
eksplorasi diperlukan untuk membuktikannya. Tentu dasar POS ini tak bisa
berdiri sendiri, ia harus dipertimbangkan dari besarmya sumberdaya.
Struktur yg dihitung punya sumberdaya 500 mmbo recoverable tetapi POS 10
%, maka jangn meninggalkannya sebelum mengebor maksimum 10 sumur. Namun
ini perhitungan sederhana saja sebab penentuan POS dan
 volumetrik pun jelas bisa meleset. Akhirnya, belajarlah dari sumur2
kering, agar selanjutnya bisa lebih baik. Kegagalan dalam eksplorasi akan
tetap bermnfaat, khususnya di wilayah frontier.

Salam,
Awang

http://rovicky.wordpress.com/2006/07/04/jumlah-sumur-yg-diperlukan-mengetest-play/

> [...]
>when to quit.*
>
>Nah tentunya ada perhitungannya.
>Berapa jumlah sumur yg diperlukan untuk meyakinkan bahwa kita sudah
>mengetest sebuah “Play fairway” ? Boleh jadi konseptual Play fairway itu
>benar (sukses dan *discovery*) ataupun gagal (*failed and dry*).
>Tentunya tergantung dari “geological risk” dari play itu sendiri. Nah
kalau
>saja risknya POS (Possiblity of Success) suatu Play adalah 20%, maka
berapa
>jumlah sumur yg diperlukan utk meningkatkan keyakinan hingga “*Pretty
Sure*”
> [...]
>sumur yg diperlukan sesuai dengan kaidah ilmiah akademis.
>
>hef e nais dey
>
>*Note : Saya mendapatkan ilmu ini ketika belajar atau “ngenger” di Shell
>Brunei.*
>
> DIarsipkan di bawah: Energi <http://id.wordpress.com/tag/energi/>,
>Explorations <http://id.wordpress.com/tag/explorations/>
> rdp
>
>--
>You can do hard way or you can do smart way ... both ways need you to do
it
>any way ... not just discuss it in the hall way.

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...

Registered in England and Wales No.811900
Registered Office 33 Cavendish Square, London W1G 0PW
This e-mail and any attachments are intended only for the addressee. It is to
be treated as confidential and may not be used other than for the purpose for
which
it has been sent. If you are not the addressee any use of this communication is
strictly prohibited. In this case please delete it and notify the sender
immediately.
Any communication of a defamatory or illegal nature is contrary to company
policy and outside the scope of the employment of the individual. The company
will
not accept liability arising in respect of such communication and the employee
will be personally liable.
 It is the responsibility of the addressee to scan this email and any
attachments for computer viruses or other defects. The sender does not accept
liability for any
 loss or damage of any nature, however caused, which may result directly or
indirectly from this email or any file attached.

Kirim email ke