Pak Cepi,

Best guess pun tiap kumpeni juga mempunyai cara pandang yang berbeda.

Ada yang memakai "mode" seperti tempat bapak bekerja, ada yang memakai
P50, dan ada juga yang memakai "mean".

Menurut hemat saya, POS geologi lebih dikaitkan dengan risk yang dalam
hal ini POS=1-risk.

Sedangkan besaran cadangan lebih banyak dikaitkan dengan uncertainty.

Sebagai contohnya adalah besarnya volumetrik dari suatu cadangan yang
salah satunya dipengaruhi oleh kolom hidrokarbon.

Kolom hidrokarbon ini adalah salah satu faktor uncertainty dalam
perhitungan cadangan (kecuali kalo menemukan kontak)dan bukan sebagai
risk.

Jadi saya lebih berfikir POS dikaitkan dengan kesuksesan semua petroleum
system bekerja untuk menangkap hidrokarbon tanpa harus dikaitkan dengan
berapa besar hidrokarbon yang terperangkap.

Setelah itu barulah POS komersial atau ekonomik yang berperan dalam
penentuan keputusan untuk mengebor atau tidak.

Kecuali kalau NPV yang dihitung telah memasukkan biaya-biaya facility
dan produksi dengan asumsi sumur menemukan cadangan yang cukup untuk
diproduksi.

Kalau kasusnya di development sedikit lebih sederhana karena kadang
hanya memasukkan biaya completion saja tanpa harus memasukkan biaya
facility yang biasanya telah ditanggung oleh sumur eksplorasi.

Kemudian soal POS yang tidak dilihat secara statistik, bukannya mode
adalah salah satu term yang ada di statistik? Dimana mode adalah nilai
yang sering keluar dalam suatu data statistik?

Salam,

-doddy-