Wah kalau saya boleh menyarankan sebaiknya Bang Bosman ambil dulu
beasiswa S2nya setelah itu baru kembali ke Indonesia entah dalam
kapasitas sebagai pekerja tambang atau pejuang lingkungan nanti (tapi
kalau melihat minat Oom Bosman sejauh ini, tampaknya beliau lebih
berminat ke bidang lingkungan daripada eksplorasi/eksploitasi
mineral). Jangan lepaskan buah usaha Bang Bosman mencari beasiswa
selama beberapa tahun terakhir jungkir balik mencoba berbagai peluang
hingga pintu dibukakan oleh KU Leuven.

Mungkin dikawal dari jauh saja Oom Bosman, supaya kampung halaman Oom
Bos tidak menjadi seperti bekas wilayah penambangan timah seperti
Pulau Singkep, Belitung dan Bangka. Yang paling penting nanti adalah
bagaimana SDA itu dapat diambil dengan cara yang benar dan minimalkan
kerusakan lingkungan, sambil berharap masyarakat setempat mendapatkan
motivasi untuk menggapai pendidikan yang lebih baik hingga suatu saat
nanti ketika SMM pergi, ekonomi daerah itu tidak mati dan wilayah itu
sudah tertata lebih baik lagi.

Salam
mnw

--
- when one teaches, two learn -
http://www.geotutor.tk

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...