Mungkin sikap "malu-malu" (takut diseneni, diselasai, dirabui ...) ini
akibat dari pendidikan dasar kita yang satu arah. Di beberapa sekolah
di luar tanah air, anak-anak sudah mulai dibiasakan menulis semenjak
kecil. Kalau kelas 1-2 SD mungkin hanya berbagi pengalaman week-end
mereka, namun kalau SMP/SMA sudah mulai bergerak ke mata pelajaran
seperti referat. Di samping belajar bahasa, mereka juga lebih
mendalami mata pelajaran tersebut, baik IPA, IPS, maupun mata
pelajaran yang lain. Akibatnya anak-anak ini akan lebih ekspresif,
baik lisan maupun tulisan, saat berkarir nanti (yang skeptis mungkin
menyebut jago cuap-cuap).

Nah, apa kita-kita ini terlambat untuk memulainya? Banyak sarana
seperti yang disebutkan Seno untuk berlatih sehingga nantinya kita
tidak cenderung diam saat berdiskusi.

FHS

On 9/7/10, wahyu_seno...@cnooc.co.id <wahyu_seno...@cnooc.co.id> wrote:
> Sebenernya banyak pakdhe,
> nah salah satu contohnya tulisan di bawah, dikirim dari 3B (Bang Bosman
> Batubara), saya yakin di beberapa milis angkatan banyak kok tulisan yang
> berbau ilmiah,, cuma ya itu (termasuk saya juga) lebih seneng nulis di
> milis angkatan atau mungkin malah ngeblog karena tanpa beban, banyak teman
> sepergaulan, lebih bebas berekspresi dan gak mungkin diseneni hehehe
>
> nuwun,
> seno

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...