Dear all,

Sekedar "mempertanggung-jawabkan" pernyataan saya sendiri mengenai subyek di
atas, berikut beberapa hal yang dapat saya sampaikan:

1.      Berdasarkan database yang saya miliki, perbedaan waktu antara gempa
di Yogya (skala 6.1) dan mud loss yang pertama kali diamati di sumur adalah
sekitar 8-9 menit.
2.      Berdasarkan database yang saya miliki juga, major loss terjadi
sekitar 8-9 menit setelah gempa di Yogya pada hari yang sama (skala 3.9)
3.      Berdasarkan informasi munculnya gas dan lumpur serta jedah antara
pemunculan keduanya, saya membuat hipotesa bahwa gas ini muncul dari tempat
yang dalam (telah dikonfirmasi oleh Pak Bambang Istadi). Jika dihubungkan
dengan database yang saya miliki, munculnya gas pertama kali dapat juga
dihubungkan dengan gempa Yogya lainnya (skala 3.9 juga). Hal ini menurut saya
perlu dianalisis dengan teliti.
4.      Tetapi, hasil analisa ray tracing gempa Yogya memperlihatkan bahwa
gelombang-S tiba di Sidoarjo KURANG dari 2 MENIT. Berarti ada gap 7 MENIT
antara tibanya gempa dari Yogya dan kejadian di sumur.
5.      Hasil aplikasi software USGS memperlihatkan bahwa amplitudo body wave
untuk skala 6.1 dan skala 3.9 adalah 93000 micrometer dan 600 micrometer,
lebih tinggi dari yang selama ini diduga oleh beberapa kalangan yang
menyebutkan hanya beberapa micrometer saja.

Berdasarkan beberapa hal di atas, saya dapat mengatakan bahwa walaupun
mengandaikan ada efek dari gempa Yogya terhadap kejadian LUSI, saya tidak
bisa menjelaskan gap 7 menit yang ada. Untuk hal ini, dengan menganggap bahwa
penentuan waktu terjadinya mud loss dilakukan berdasarkan data di atas
permukaan, sedang terjadinya mud loss secara aktual adalah di bawah permukaan
dan lebih awal, selisih waktu antara mud loss yang aktual dan pengamatan di
permukaan dapat diuji apakah memang sekitar 7 menit.

Walaupun secara kasar terlihat terkait dengan gempa, ada beberapa hal di
sumur yang tetap harus diperhitungkan, misalnya : apakah sumur memotong
fault, apakah daerah yang dipotong ini open hole, kedalaman sumber lumpur,
dsb?

Rgds,
LL

<<image001.jpg>>