From: o - musakti <o_musa...@yahoo.com.au>
Date: Thu, 16 Feb 2012 03:50:01
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Subject: [iagi-net-l] Gaji expat di Indonesia

Ganti topik sikit dari piramida aah.

Baru dapat kiriman permen menkeu no. 258/2011 tentang BATASAN MAKSIMUM BIAYA
RENUMERASI TENAGA KERJA ASING UNTUK KONTRAKTOR KONTRAK KERJASAMA MINYAK DAN GAS
BUMI.

Yang menarik, at least buat saya yang telah terbiasa dengan hal yang sama di
middle east, terrnyata Negara kita juga menerapkan sistim &#39;kasta&#39; dalam
renumerasi berdasarkan warna pasport.

Ada tiga golongan pasport dalam permen ini :
1) kawasan Asia (asumsi saya ini mencakup India, pakistan) Afrika dan timur
tengah
2) kawasan eropa, australasia (jepun, malaysia masuk sini ?) dan amerika selatan
3) tentunya yang paling tops dari amerika utara.....

Bedanya batas maksimal renumerasi ini cukup signifikan. Muhandis ( engineer)
Aboud misalnya, bisa ber gaji  max 287 K per tahun sedangkan untuk Senor Diego
batasnya 539 K dan Mister Smith sebagai penguasa dunia bisa punya gaji sampai
791 K, tentunya dollar semua.

Kuranglebih rasionya 1:2:3.......wow.....

Kirim email ke