Ya memang seni itu merupakan ekspresi Jiwa, dan Jiwa itu punya karakter,
karakter itu bagian dari budaya, budaya itu tumbuh terutama dipengaruhi
oleh lingkungan dimana ia tumbuh dan bergaul. Dalam tatanan sosial
berdasarkan karakter/budaya terbentuk suatu strata menurut sociologist, dan
Manusia berkelompok sesuai stratanya. Dalam strata seni musik ada strata
rock, strata blues, strata jazz, atau kombinasi. Ada strata dangdut, strata
keroncong, strata pop, Dan strata music daerah. Ini adalah bagian dari
selera yang merefleksikan budaya individu atau kelompok. Dan selera tak
bisa diperdebatkan, seperti halnya makan ada yang amat menyukai soto
sulung, nasi rawon, dan sate-gule seperti Cak Avi, Ada juga yang tidak
menyukai makanan ini tetapi sangat menyukai nasi gudeg, nasi pecel, atau
nasi padang. Atau bahkan menyukai sushi, tepanyaki, tempura, bahkan steak.
Mengapa terjadi perbedaan selera tak berujung kalau diperdebatkan. Banyak
juga yang awalnya menyukai music a sing/Barat biar kelihatan modern dalam
bergaul, namun lama kelamaan bisa menjiwai, barang kali Cak Avi
contohnya........he he he.....guyon  Cak. Ya karena selera music juga tak
bisa diperdebatkan monggo wae silahkan mendengarkan music atau menonton
music sesuai seleranya. Saya sendiri menyukai music ala Jaduk Ferianto
dalam Orkes Sinten Remen, atau jaman Mahasiswa dulu ada Orkes Pancaran
Sinar Petromak, lucu saja seperti lagu Mahasiswa mbolos, potongan sairnya:
datang ke kampus tak juga kulie, kerjaanye nyetanin temennye ngajakin
mbolos, giliran ujian sudah 2 jem kertasnye belon diisi, hasil ujian
nilainye jeblok semue, kalau ditanya jawabnye dosennya sentimen ame gue.
Menurut hemat saya PSP bercerita dalam syair lagunya adalah budaya mbolos
(mungkin juga nyontek yang sulit dihilangkan). Mau G & R hayoooooo atuh Cak
Avi.....

On Saturday, October 20, 2012, rakhmadi avianto <rakhmadi.avia...@gmail.com>
wrote:
> Mr Agus
>
> Seni itu pilihan bukan paksaan, saya punya temen senengnya melukis, kalau
deket dia critanya mesti yg berhubungan dg lukis, pemandangan, abtrak dsb.
Ada juga temen yg seneng nari, yg bisa segala tari dari bali jawa jaipong,
salsa rumba, jive dsb, kalau deket dia ya mesti ngajak latihan salsa
gitu.....

> Nah yg seneng music juga begitu ngomongnya nge-jam yok dsb. Jaman papaku
dulu musik di rumah kroncong mulu, kalau ngga gending jawa dsb ya OK tapi
bersamaan masa remaja (baca SD) mulai tuh kita suka mendengarkan yg beda dg
ortu, kenapa ya itu jiwa muda gitu, yg penting beda, lah kok ketrusan,
inilah jadinya, saat itu aku mulai dari yg sederhana spt Koes Plus (kolam
susu, bus sekolah) dan Pambers yg melo dan pelan sekali, ada sedikit rock
and roll tapi masih ringanlah, selanjutnya SMP mulai senang music bule,
Rolling Stone the Beatles ..... nah pas masuk SMA rupanya udah ngga mempan
lagi dg Rolling Stone dan Beatles, mulai Deep Purle waktu itu High Way Star
dan Smoke on the Water udah seru banget, lanjut ada Led Zeplin dg Black Dog
yg termashur Stair away to heaven, Mahasiswa mulai Genesis, ELP (Emerson
Lake and Palmer), Yes ..... baru lulus the Police lanjut dg Metalica, GNR
dan saat itu Trash Metal mulai marak .... ada Magadeth, Slayer, Antrax ....
lanjut mulai seneng dengerin dg Selfish Guitaris spt Yangwie M, Joe
Satriani dan Steve Vi ...... jaman anak Gue ... suka setel Larc enCiel di
Mobil lah kok enak ya suruh tinggal aja biar papanya bisa dengerin juga,
lanjut anak cewe sukanya Maroon 5 lah kok enak ya udah pinjem lagi .....

> Seni itu adalah sesuatu yg bisa menggugah JIWA, senang, sedih, jatuh
cinta, iba dsb, semua perasaan ini kalau di aduk jadi satu ya jadinya seni.
Kalau musik tuh kadang bisa menimbulkan rasa PD pada saat kita down, nah
itu penting kalau tidak bisa bahaya kalau downnya terlalu lama.

> Sebenernya yg seneng kroncong ya monggo yg melo spt Ari lasso atau Buncit
atau Adele ya monggo yg nyadas nah dia temen gue .... kalau di desa, waktu
pemetaan dulu maka Haji Oma Irama di mana2, mulai dari Begadang sampai
250jt penduduk Indonesia, mereka ya enjoy.

> Kalau gue menilai musisi dan group band terutama yg aku suka Guitarisnya,
kedua drummer baru bassis penyanyi dsb ... nah sekali lagi ini masalah rasa
jadi bukan keterpaksaan, maka biarkanlah orang memilih, kalau anda
bersebrangan itu biasa karena Tuhan YME menciptakan manusia memang dg warna
dan kemampuan yg berbeda beda, ingat senang music Rock Luar bukan berarti
luntur loh merah putih di dada ini.

> Kembali ke GNR ini banyak hal yg di contek misalnya dulu awal tahun 90an,
pada pasang bandanya koboy yg di gantung di saku belakang dg sabuk yg
banyak pinnya, sepatu boot top dah, sekali lagi itu selera .... yg penting
merah putih jangan sampe luntur dari dadamu

> Selamat Week End
> Coba lihat You tube setel Paradise City ... enak kok ngga terlalu keras,
agak lembek dikit

> Salam
> Avi
>
> 2012/10/20 Agus Irianto <agiria...@yahoo.com>
>
> Latah...latah...lataaah......!!!....saya heran liat temen2 koq lebih
bangga dgn musik2 LN dp musiknya sendiri....!!! K-Pop....rame...apa2 yg
berbau LN dipromosikan gede2an....walah..walaaah....padahal kurang apa sih
kesenian dan budaya di Indonesia ini.........harusnya kita lebih bangga dan
promosikan secara besar2an  group Bimbo konser di 5 benua, Calung konser di
5 benua, dulmuluk itu kesenian dr bangka, Srimulat, Tari Saman, Tarling,
ahmad dhani, Anang, Agnes Monica atau group seni budaya dari daerah di
nusantara ini. bisa konser di seluruh dunia...............kita wajib sbg
anak bangsa mengembangkan budaya nusantara.....!?!........masak nanti mau
belajar dalang, tari jawa, Sumatra, Sulawesi harus ke USA atau
Belanda/Australia......?!??????

> Hayo para seniman Indonesia pertebal jiwa nasionalis+Patriotmu, export
itu karya2 musikmu ke seluruh dunia......!!!!!......

> Salam,
> AIR

Desember mendatang akan menggelar konser di Indonesia. Kepastian kedatangan
Axl Roses dan kawan-kawan ke Jakarta sudah tertulis di situs resmi mereka.
Dalam situs tersebut, Guns n Roses akan menggelar konser di Lapangan D
Senayan, Jakarta pada 15 Desember mendatang. Ini merupakan konser pertama
mereka di Indonesia.
> Jakarta juga menjadi satu-satunya kota yang disinggahi Gun n Roses saat
berkunjung ke Asia Tenggara. Guns n Roses adalah grup musik

Kirim email ke