From: S. (Daru) Prihatmoko <sprihatm...@gmail.com>
To: iagi-net@iagi.or.id
Cc: Mailist MGEI <economicgeol...@yahoogroups.com>
Sent: Sun, 19 Oct 2014 16:44:01 +0700 (WIT)
Subject: [iagi-net] Buku Geologi Indonesia

Rekan-rekan IAGI..

Di bawah ini saya copy-kan diskusi di grup FB ³IAGI untuk Indonesia² ttg
rencana penulisan/ penerbitan buku Geologi Indonesia oleh pak Herman Darman
dan pak Awang Satyana. IAGI tentunya akan sangat mendukung upaya ini.
Silakan kalau ada masukan untuk mereka berduaŠ

Pak Herman dan pak Awang ini memang geolog jempolan, harus kita dukung niat
dan upayanya. Saya tadinya berpikir kalau dua pakar ini berkolaborasi untuk
membuat buku geologi Indonesia tentu hasilnya akan spektakuler. Tapi
kalaupun harus terbit sendiri-sendiri tetap akan sangat menarik dan
memperkaya khasanah keilmuan geologi kita..... Bbrp waktu lalu saya juga
mendengar seorang kawan yg ingin membuat buku ttg "metallogeny Indonesia" yg
tentunya ini akan dimulai (paling tidak) dengan topik magmatisme dan
volkanologi Indonesia yg kalau ini dikolaborasikan dng yg akan dikerjakan
pak Awang dan pak Herman tentu akan bagus sekali....selamat berkarya para
geolog IndonesiaŠ

Salam,
Daru

‹‹‹‹‹‹‹‹‹‹‹‹‹‹‹‹
Herman Darman <https://www.facebook.com/herman.darman.75?fref=nf>
Tahun ini, 2014, kita bisa memperingati 65 tahun buku Geology of Indonesia,
yang belum ada penggantinya. Berbagai usaha sedang diusahakan. Awang Satyana
<https://www.facebook.com/profile.php?id=100004098920754>  akan menyusun
buku baru dalam bahasa Indonesia (betul ya, Awang?), dan saya juga mencoba
memperbaharui buku van Bemmelen dalam bahasa Ingris. Sedikit-sedikit saya
kerjakan dan muat di blog (http://geology-of-indonesia.blogspot.nl/). Setiap
tahap, saya perlu bantuan rekan2 lain karena cakupannya sangat luas dan saya
sendiri tidak akan mampu menyelesaikannya. Daru Prihatmoko
<https://www.facebook.com/profile.php?id=100004111035239>  menanyakan
potensi kerja sama usaha2 ini, karena memang semuanya dilakukan atas dasar
yang sama yakni kecintaan akan tanah air Indonesia. Mungkin ada pendapat?
Saya rasa kolaborasi akan membuat usaha2 kita semakin efektif. Tapi memang
kadang2 tujuan kita mirip tapi tak sama. Demikian juga dengan waktu,
kesempatan dan energi.

Blogspot Geology Indonesia yg saya susun merupakan publikasi terbuka. Siapa
saja yang menyumbangkan pemikiran akan menjadi kontributor dalam buku online
ini. Saya sudah minta Awang dan Ade Kadarusman
<https://www.facebook.com/ade.kadarusman.96> untuk kontribusi. Untuk
physiogrpahy saya mau minta tolong Budi Brahmantyo
<https://www.facebook.com/budi.brahmantyo>  untuk kasih kontribusi. Yg
lainnya akan saya mintai juga. Atau...silahkan hubungi saya kalau ada
masukan.

Batal Suka <https://www.facebook.com/#>
*  <https://www.facebook.com/profile.php?id=100004098920754&fref=ufi>
* Awang Satyana
<https://www.facebook.com/profile.php?id=100004098920754&fref=ufi>  Ya
Herman Darman <https://www.facebook.com/herman.darman.75> , saya akan
menulis buku baru Geologi Indonesia dalam bahasa Indonesia. Buku ini
inginnya memuat semua fakta geologi Indonesia sampai yang terkini dan
interpretasinya. Fakta geologi Indonesia telah dihadirkan van Bemmelen
(1949), tetapi datanya harus diperbaharui dengan tambahan data selama 65
tahun terakhir yang tak ada di buku van Bemmelen (1949) tersebut.
Interpretasi van Bemmelen sebagian benar, sebagian lagi tidak tepat
berdasarkan fakta dan kemajuan ilmu pengetahuan sekarang. Buku saya kelak
bukan merevisi buku van Bemmelen (1949), tetapi buku baru Geologi Indonesia
dalam bahasa Indonesia yang belum pernah ada sebelumnya, yang memuat semua
fakta geologi Indonesia dari dulu-sekarang, dengan interpretasi yang saya
yakini, dan berdasarkan kajian mendalam perkembangan ilmu pengetahuan dari
dulu sampai sekarang. Saya mempunyai kebebasan bagaimana saya akan menulis
buku tersebut, tidak dalam outline yang dibuat van Bemmelen (1949), sebab
buku saya kelak bukan merupakan revisinya.
*
*  <https://www.facebook.com/#>
*
*  <https://www.facebook.com/herman.darman.75?fref=ufi>
* Herman Darman <https://www.facebook.com/herman.darman.75?fref=ufi>  Dengan
kapasitas seorang Awang
<https://www.facebook.com/profile.php?id=100004098920754>  saya yakin buku
pak Awang inilah yang ditunggu-tunggu! Semangat dan kemampuan yang sangat
dihormati. Saya hanya bisa mendukung saja, karena saya hanya bisa merevisi
sedikit2 saja. Tapi kalau ada yang saya bisa bantu, saya bersedia dengan
senang hati.
* Untuk revisi, saya juga sebenarnya membawa data2 baru. Misalnya untuk
physiography, pakai data satelit. Saya juga minta rekan-rekan ahli geofisika
& meteorologi untuk menyumbangkan tulisannya. Ibu Dewi Kirono (meteorologi)
dari UGM dan Ivonne Rajawane dari ITB (oceanography).
* Selain itu saya juga sempat tanya2 kelemahan dari buku van Bemmelen supaya
dapat 'room for improvement'. Dari jawaban dan kesimpulannya, sebenarnya apa
yang Awang lakukan ini jalan keluarnya. Buku van Bemmelen terlalu sulit
untuk dibaca. Sistematikanya juga sering acak. Hal ini bisa dimaklumi karena
ditulis dalam waktu sekitar 2 tahun, tanpa komputer!!. Jadi perlu ditulis
ulang.
* Usaha saya merevisi ini diharapkan:
* - memperbaharui dengan data2 terbaru, dari hasil penelitian dari peneliti2
yang baru. Khususnya offshore, karena van Bemmelen tidak punya banyak data
offshore.
* - lebih user friendly, tidak perlu pakai enclosures, tapi cukup di 'click'
dan pembaca bisa dapat peta.
* - pakai foto2 dan gambar2 yang berwarna dan mendukung.
* Buku seperti ini diharapakn direvisi setiap sekian tahun. Saya melihat
contoh The Geology of North Sea by Kent Glennie, di revisi terus, demikian
juga Holmes' Physical Geology. Dari pengalaman buku 'An Outline of the
Geology of Indonesia', buku ini juga perlu di revisi dan update (sekarang
umurnya sudah 15 tahun). Tapi kalau mau cetak buku baru, ongkosnya cukup
mahal sekarang ini. Jadi versi elektronik lebih murah, mudah di edit, mudah
direvisi.
*
*  <https://www.facebook.com/#>
*
*  <https://www.facebook.com/oki.oktariadi.3?fref=ufi>
* Oki Oktariadi <https://www.facebook.com/oki.oktariadi.3?fref=ufi>  Herman
Darman <https://www.facebook.com/herman.darman.75> , menurut saya buku van
Bemmelen itu tidak ada yang salah sesuai jamannya. Biarkan buku itu apa
adanya sebagai fakta sajarah perkembangan ilmu geologi. Kalau ada yang tidak
sependapat dengan karya van Bemmelen sebaiknya membuat buku baru seperti yg
akan dilakukan Awang Satyana
<https://www.facebook.com/profile.php?id=100004098920754> ......adapun buku
yg sering di revisi itu dilakukan oleh orang yg sama......Kang Awang dan
Kang Herman selamat berkarya......
*

Siapkan waktu PIT IAGI ke-43

Mark your date 43rd IAGI Annual Convention & Exhibition

JAKARTA,15-18 September 2014

Hubungi Kami: http://www.iagi.or.id/contact

Iuran tahunan Rp.250.000,- (profesional) dan Rp.100.000,- (mahasiswa)

In no event shall IAGI or its members be liable for any, including but not
limited

to direct or indirect damages, or damages of any kind whatsoever, resulting

from loss of use, data or profits, arising out of or in connection with the use
of

any information posted on IAGI mailing list.