Terimkasih David
Ini juga seperti yang saya pakai untuk referensi. Namun sekali lagi ini
dibuat untuk kebutuhan di Amerika (sepertinya). Artinya kebutuhan disana
tidak sama dengan kebutuhan di Indonesia.

Di Indonesia, sebuah sumur yang akan dinyatakan DISCOVERY, maka di*HARUS*kan
ada DST yang sampai pada "stablized flow". Sehingga sumur-sumur tanpa test
(DST) tidak dapat diklaim sebagai discovery. Hal ini diperlukan untuk
penentuan *POD (Plan Of Developement)* yang memerlukan "*KEPASTIAN"* tinggi
pada sebuah penemuan. Ada aspek hukum yang penting disini. Negara tidak
akan mau menanggung risiko bila nanti sudah dinyatakan layak POD ternyata
sumurnya tidak mengalir sesuai dengan harapan.

Di Amerika (khususnya Gulf Of Mexico) untuk menyatakan discovery pada sumur
eksplorasi, *TIDAK harus* dengan DST. Karena adanya larangan DST (flaring)
karena pertimbangan lingkungan hidup. Sehingga SEC (Securities and Exchange
Commission) akan mengakui sebuah penemuan (discovery) ketika perusahaan
migas akan mengajukan klaim (booked) cadangan, dan masyarakat (termasuk
bank dan investor pembeli saham) harus sudah menyadari masih adanya
"risiko" dikemudian hari. Tentusaja disini untuk kebutuhan meminjam Bank,
untuk menjual saham dsb. masih ada "*uncertainty*" didalamnya.

Diatas terlihat sekali perbedaan antara penentuan sumur discovery
(penemuan) dan sumur dry hole (oil show).
Dengan demikian* Indonesia HARUS memiliki STANDART tersendiri *dalam
membuat klasifikasi cadangan. Dan tidak dapat serta merta mengkuti
standartnya PRMS diatas, karena tujuannya berbeda.

Disitulah makanya saya bertanya, standart yang ada di SKKMIGAS
(DirjenMIGAS) itu atrannya ada dimana ?

Semstinya standart ini dibuat oleh organisasi profesi seperti PRMS yang
dibuat oleh SEG, AAPG, SPE, dll. Bukan oleh pemerintah dan bukan oleh
perusahaan. Saya bermimpi, IAGI bersama HAGI dan IATMI lah yang mestinya
menyusun standart ini seperti KCMI yang dibuat oleh IAGI-PERHAPI.
Mudah-mudahan ini akan dibahas nanti dalam pertemuan ilmiah bersama di
Balikapan (JCB 2015).

Salam sukses !!

"Kebanggaan sejati muncul dari kontribusi anda yang positip".

SRS0-SRbz=DT=yahoo.com=david_ontos...@iagi.or.id>:

> Pak Rovicky, untuk klasifikasi cadangan acuannya kebanyakan dari PRMS
> (setau saya), dibuat oleh tim sponsor terdiri dari AAPG, SEG, SPEE, SPE,
> dan WRC.
>
> berikut yang 2011 setau saya.
>
> Cmiiw.
>
> david
>

>   On Monday, March 2, 2015 7:44 AM, Rovicky Dwi Putrohari <
> rovi...@gmail.com> wrote:
>

>  Dear All,
> Saat ini Resources Classification yang dipakai (diakui) SKKMIGAS ataupun
> Dirjen MiGAS, acuannya dari mana ?
> [...]

Hubungi Kami: http://www.iagi.or.id/contact
Iuran tahunan Rp.250.000,- (profesional) dan Rp.100.000,- (mahasiswa)