Sharing cerita aja.
Saya beli barang dari amerika pake usps awal januari. Dari tracking, masuk
ke kantor pos tgl 30 januari. Beritanya dari 17track: JAKARTA MPC IDJKTC,
Arrival at inward OE
Dari tgl 30, saya tunggu 1 minggu, ngga ada update. Akhirnya saya datengin
kantor pos pasar baru, ke bagian pengiriman barang luar negeri di lantai
bawah.
Ketemu petugas, diminta tulis nomer resinya, dan diminta nunggu. Setelah
lumayan nunggu (sekitar 40 menitan) dipanggil, dibilang ada yg harus
dibayar, ada lembaran kertasnya, cuma saya ngga baca isinya apa, cuma
konsen di nilai yg harus dibayar. Saya bayar di loket sebelahnya dan harus
tunai. Setelah bayar, barang bisa diambil.
Padahal dulu tahun 2019, kalo barang declarenya dibawah $75, kalo udah
status JAKARTA MPC IDJKTC, Arrival at inward OE kaya gini, ngga sampe
seminggu lagi barang pasti dianter ke rumah tanpa nambah biaya apapun.
Jadi emang dengan peraturan baru ini, semua barang kayanya di hold dan di
cek satu2, ngga kaya dulu dibawah $75 pasti langsung lewat. Dan kebayang
dalam 1 hari ada ribuan kiriman dan kapasitas petugas yg ngecek ngga akan
ke handle itu semua paket, padahal besoknya pasti akan masuk lagi ribuan
paket, ya kebayang aja bakal ketahan lama banget. Mau ga mau merepotkan
diri dateng ke kantor pos besar kalo mau cepet keluar barangnya.
Lagian kalo nunggu di rumah cuma dateng surat bayar pajak, akhirnya juga
harus dateng kesana.
Eniwei terakhir bayar pajak barang kiriman yg emang diatas $75, lewat
17track cukup informatif. Ada pemberitahuan untuk buka link bea cukai, pas
dibuka masukin no tracking, keluar informasi saya harus submit foto bukti
bayar barang, foto link tokonya trus kirim ke email bea cukai pasar baru. 2
hari kemudian, keluar status harus bayar berapa. Terus di google cara
bayar, saya bayar lewat transfer bank mandiri. Abis bayar, tetep dateng ke
kantor pos pasar baru, ke lantai 3 bagian bea cukai, nunjukin bukti bayar,
nanti dia print lembaran apa gitu yg tinggal dibawa ke bawah buat ngambil
barangnya. Jadi bisa bayar lewat transfer dan cukup 1 kali dateng ke kantor
pos buat ambil barang. Kalo ujug2 dateng kesana, belum keluar biaya
pajaknya, bisa seharian abis waktu disana cuma buat ngurus bea cukai. Belum
lagi kalo ngga bawa dokumen pendukung tadi. Bisa bolak balik abis waktu
kesana.