Saya sendiri pernah coba ruby-gnome, ruby-qt
dan wxruby

dari hasil coba2, saya menemukan

ruby-qt paling mudah digunakan, tapi baru mendukung qt3

ruby-gnome (ruby-gtk) cukup mudah, namun sedikit kerumitan
terutama bagi widget2 yg butuh datasource seperti datagrid
karena kita harus membuat object datasourcenya gtk dulu baru di assign ke
widget

wxruby sebenarnya udah lumayan bagus,
tapi kesulitan dengan binding event terhadap procedure yang masih rada ribet

terutama dibandingkan dengan versi pythonnya yg jauh lebih sederhana

gimana, pilihan sulit yah?