> Saya pribadi ingin agar indikasi geografis
> diperlonggar.
> Namun tak kunjung ada dukungan dari publik.
> Di milis kebanyakan setuju. Di darat, kebanyakan
> nggak setuju
> (karena mungkin ketemunya dengan lawyer & birokrat
> sih ya?)

kalo saya kaitkan dengan masalah .co.id, apabila
masukan sisdur selama ini hanya berasal dari forum2
seminar dengan cara angkat jari yang kebetulan
dihadiri oleh seorang budi rahardjo, apakah sudah
cukup mewakili komunitas yg dimaksud ?

apakah sudah pernah dikaji lebih jauh audiens tersebut
memang berasal dari kalangan bisnis, paham internet
dan juga domain ? siapa tahu justru meskipun 'pas'
dari kalangan bisnis namun baru di forum itulah tahu
tentang internet bahkan domain. tentu pendapatnya yang
'ingin ketat' sangat tidak bisa dipertanggungjawabkan.

saya cenderung mengatakan, siapakah komunitas .co.id ?
ya tentunya perusahaan yg concern dg aktivitas
internet. mereka (perusahaan, pebisnis) yg kurang
menganggap penting masalah internet tentu tidak bisa
dianggap mewakili komunitas .co.id. meskipun nantinya
masalah sisdur .co.id tentu tidak boleh meninggalkan
kaidah2 umum dlm dunia bisnis.

kemudian apakah selama ini ada forum2 resmi tahunan yg
mungkin dikoordinir oleh admin .co.id cq IDNIC supaya
senantiasa dapat mengikuti dinamika komunitas ? bila
ternyata tidak ada, maka menurut saya tidak bijaksana
bila IDNIC atau pak budi selalu mengcounter setiap
kritik dan usulan dari siapapun tentang sisdur .co.id
dg mendasarkan pada kesepakatan komunitas yg sudah
obsolote barangkali 2 - 3 tahun yg lalu.
kalau ini yg terjadi maka jelaslah IDNIC sangat tidak
akomodatif terhadap perkembangan.