Pak Teddy, Ini tanggapan atas dua postingnya:

I.

Sampe saat ini, SK2, misalnya jasa publik infrastruktur
<telekom, hubdarlaud, listrik, gas, minyak, ..., dll> yg
keras2, he...he... iya neh, musti cari bukunyah. (Teddy)

Bah…… Pak Teddy, ndak usah capek-capek cari bukunyalah. Firma dan CV itu masih
tetap ada kok (tidak obsolete). Yang dapat membatalkannya hanya undang-undang. Setelah
membaca posting Pak Teddy lebih jauh saya jadi mengerti Pak Teddy mencampuradukkan
antara validitas Firma dan CV dengan ditutupnya kemungkinan bagi Firma dan CV untuk
memasuki usaha-usaha tertentu. Memang dapat terjadi dulunya Firma dapat mengerjakan
sesuatu hal di pemerintahan tetapi belakangan pemerintah tidak memperbolehkan lagi.
Itu lazim.  Toh Firma dan CV memiliki banyak keterbatasan dibandingkan dengan PT atau
Koperasi.
Tetapi sebagai bentuk usaha Firma dan CV tetap eksis. Pak Novizal sudah memberi contoh
Law Firm dan kantor akuntan. Banyak contoh lain.
Nah kembali ke soal semula, berhubung Pak Teddy keliru menafsirkan isi dari buku
bacaannya soal Firma dan CV yach, saya kira tidak ada  salahnya untuk tetap memberikan
domain di bawah co.id kepada firma, CV, Persekutuan Perdata dan Perusahaan
Perseorangan.

II

Pada akhirnya sesuai dengan RFC 1591, pengelola ccTLDs .id-lah yang menentukan akan
memberikan atau tidak pada SLD. Apapun namanya, jika Pak Budi masih pengelola ccTLDs
.id, Pak Budi juga yang pada akhirnya pembuat putusan. (Paust)

Tdk begitu juga, pembentukan RFC berdasarkan
NETCRACY (ngambil dari democracy), RFC lahir
dari pembentukan kebijakan bersama, operasional
pun demikian, itulah mengapa kita sibuk di milis ini, yakni:
"membentuk kebijakan operasional pendaftaran
co.id bagi badan usaha koperasi. He..he... (Teddy)

Saya menulis “Pada akhirnya ………” Pengelola tentu perlu menimbang
masukan-masukan dari peserta di milis. Pengelola tidak harus selalu mengambil
keputusan berdasarkan suara yang terbanyak. Pengelola harus mempunyai kebijaksanaan
dalam mengambil keputusan, membuat keputusan yang dapat menjangkau ke masa depan,
minimnya kemungkinan konflik, tumbuhnya kompetisi yang sehat, making money  (tentu
jangan lupa “In God we trust”), dll.
Jadi yang saya bicarakan adalah penentu akhir dari apa-apa yang dibahas di milis.
Usulan-usulan dapat datang dari siapa saja di milis, tetapi keputusan akhir adalah
dari pengelola. he………he………he…………

Horasma,

Paustinus Siburian