Halo,

lagi iseng2 ngecek dns idnic... (manually)

dari root servers didapat id dihandle oleh:
- ns1.id
- ns2.id
- sec3.apnic.net

kemudian pertanyaan yang sama ditanyakan ke masing2 name server tersebut
didapat tambahan name server:
- ns1.id
- ns2.id
- ns.ac.id
- sec3.apnic.net
- ns1.indo.net.id
- ns1.rad.net.id
- ns.eu.net
- ns.uu.net
- auth02.ns.uu.net

pertanyaan yang sama ditanyakan ke server yang ngga terdaftar di root,
masalahnya:
- ns.uu.net tidak authoritative (return listing root servers)
- auth02.ns.uu.net juga tidak authoritative
- apa mungkin sebaiknya daftar ns di root dan di authoritative server
disinkronkan saja

kemudian untuk co.id ditanyakan ke name servers di atas hasilnya:
untuk ns1.id, ns2.id, ns.ac.id, ns1.indo.net.id, ns1.rad.net.id menjawab:
- muara.idnic.net.id
- ns1.id
- ns2.id
- ns.co.id
- ns1.iptek.net.id
- ns1.regex.com
- svc01.apnic.net
- ns1.rad.net.id
- ns2.cbn.net.id

sedangkan sec3.apnic.net, ns.eu.net menjawab:
- ns.co.id
- ns1.id
- ns1.rad.net.id
- ns1.iptek.net.id
- ns1.regex.com
- ns2.id
- svc01.apnic.net
- willamette.cbn.net.id

kenapa berbeda? padahal saya lihat nomor serinya sama...

kemudian dicek authoritativeness dan nomor seri dari semua name server itu
untuk co.id:
- muara.idnic.net.id 2003020222
- ns1.id 2003020222
- ns2.id 2003020222
- ns1.regex.com 2003020222
- ns2.cbn.net.id 2003020222
- ns.co.id 2003013018
- ns1.rad.net.id 2003013018
- ns1.iptek.net.id 2003013018
- svc01.apnic.net non authoritative!
- willamette.cbn.net.id 2003020222

masalahnya:
- svc01.apnic.net not authoritative
- ns1.rad.net.id, ns1.iptek.net.id, ns.co.id belum diupdate selama 4 hari,
apakah ini normal?

untuk SLD yang lain mungkin kondisinya mirip2 seperti co.id (saya baru cek
or.id)