Syukurlah, akhirnya perjuangan 2 bulan untuk mendapatkan kembali domain
saya ini membuahkan hasil.  Domain ini sekarang telah KEMBALI AKTIF dan
bisa digunakan lagi, meskipun tampaknya belum tuntas benar, karena
expire datenya di dalam Domain Management Facility saya masih
tertera June 12, 2002 (di WHOIS sudah benar).  Namun pernyataan Status
InActive telah hilang.

Dari kejadian ini dan dari pengakuan salah seorang CS VeriSign ada satu
informasi yang menurut saya cukup berharga dimana selama ini saya
ketahui hanya berdasarkan info dari pihak luar NetSol / VeriSign saja
yang mengatakan bahwa SEMUA KARTU KREDIT INDONESIA memang benar DIBLACK
LIST dan  DIBLOKIR oleh mereka dalam transaksi online melalui situs
mereka.

Berkenaan dengan hal ini saya berkeyakinan bahwa ini akan amat sangat
mempersulit para pemilik nama domain di Indonesia apabila akan
memperbaharui / memperpanjang domainnya.

Dari sini saya ingin mendapatkan info secara agak pasti, adakah diantara
rekan-rekan yang mengetahui atau dapat memberikan gambaran seberapa
banyakkah pemilik domain Indonesia / komunitas internet Indonesia  yang
masih mendaftarkan domainnya di NetSol ini?.
Informasi ini akan saya gunakan untuk memperkuat argumentasi dalam
rangka menyarankan kepada klien-klien saya untuk memindahkan saja
domainnya dari NetSol.  Dan mungkin info ini akan berguna juga bagi
pemilik domain lain yang sudah hampir habis masa berlakunya untuk
menentukan sikap.

Dari kejadian ini pula, kepada semua rekan disini apabila ada kesalahan
Administrasi di IDNIC, saya imbau berlapang dadalah untuk memaafkannya,
dan dapat memakluminya, karena NetSol / VeriSign saja bisa melakukan
kesalahan fatal seperti ini.

UNTUK YANG MENGANGGAP TOPIK INI TERLALU OOT DAN NGGAK NYAMBUNG, SAYA
MOHON DIMAAFKAN.

-----
Fahrizal Razak.