On Tue, Feb 03, 2004 at 10:12:46AM +0700, Irving Hutagalung wrote:
> Yg dulu diusulkan:
> 1. Biaya tahunan diterapkan bukan hanya pada WEB.ID, tapi juga pada
> CO.ID, OR.ID, dan NET.ID. AC.ID dan MIL.ID untuk sementara ini tidak
> diterapkan dulu.

Akan dieksekusi. Saat ini sudah ada beberapa diskusi internal.
Kajian2 juga sudah dilakukan (khususnya oleh pak Indra KH).
Secara internal sudah disepakati untuk menerapkan biaya tahunan.

> 2. Biaya tahunan diturunkan jumlahnya, mis. jadi 100.000.
> Pertimbangannya, toh krn domain yg ditagih juga bertambah, walaupun
> biaya diturunkan, rasanya tetap masuk akal. Sekalian supaya bisa lebih
> kompetitif dibandingkan dengan gTLD.

Nah, mengenai besarnya biaya maintenace ini ada beberapa masalah.
1. Billing system kita (yang saat ini kami outsource ke APJII) nampaknya
   belum sanggup menangani hal tersebut.

2. Besarnya biaya tahunan ini perlu dihitung kembali. Kami tidak berniat
   cari untung dari biaya tahunan. Yang penting adalah bagaimana agar
   IDNIC dapat tetap menjalankan layanan ini secara baik dan
   profesional. Ini tidak murah karena dibutuhkan dana juga untuk
   pengembangan. (Selain itu sebetulnya ada kebutuhan lain, seperti
   biaya administratif. Saya sudah tidak pernah lagi ikutan meeting
   ICANN karena tidak punya dana. Dulu ditanggung pribadi dan kawan2.)

3. Waktu itu pernah juga kami tanyakan, sebetulnya biaya untuk
   penagihan, pemrosesan billing, kirim surat, fax, dll. itu berapa?
   Ini kita sebut cost.
   Nah, biaya tahunan kalau bisa tidak jauh dari cost ini.
   (Meski harus diperhatikan point 2.)

Filosofi saya adalah jangan mengambil keuntungan (atau istilah kasarnya
"malak") di nama domain. Kalau mau berbisnis, silahkan buat aplikasi,
layanan dll. yang menggunakan nama domain.
Jadi saya tidak ingin mencharge mahal2. Tapi di lain pihak, saya juga
tidak ingin banting harga (for the sake of competitiveness dengan .com)
karena tujuannya adalah bukan untuk bisnis. Tapi layanan masyarakat.
Sekali lagi perlu diingat bahwa layanan ini ternyata mahal juga costnya.

> Ada masukan?

Terima kasih telah mengangkat isyu ini kembali.
Mudah2an dalam waktu dekat ada progress yang lebih laju dari sebelumnya.
(I am getting too old for this. he he he.)