On Thu, Feb 05, 2004 at 11:12:28PM +0700, Benny Chandra wrote:
> kalau nantinya jadi diterapkan biaya tahunan atau dinaikkan,
> yg LEBIH PENTING seharusnya adalah kenyamanan dari pengguna maupun calon
> pengguna .id :)
> misalnya, lebih dinyamankan dalam hal ganti informasi (e-mail kontak,
> name server, dsb), ada manajemen domain per user (a.l biar kalau daftar
> domain lagi tidak perlu selalu masukkan data2nya lagi satu per satu),
> terima pembayaran dgn kartu kredit, whoisnya 'dibuka' (biar kalau ngecek
> tidak harus ke website IDNIC dulu), dsb.

tentu diperhatikan, namun masih belum sanggup karena keterbatasan
resources/sumber daya kami pak.

> jangan yg diurusi masalah 'internal' aja dong... ;)
>
> btw, tiba-tiba saya jadi bingung. kenapa kalau tadi disebut "tujuannya
> bukan untuk cari duit" kok malah berencana menerapkan biaya tahunan dan
> atau biayanya dinaikin? apa bukan jadi 'aneh'?

kalau mau tahu rahasianya, ini antar kita-kita aja ya?
tiap bulan kami tekor Rp 1 juta s/d Rp 3 juta.
mulai bulan ini, domain admin tidak diberi honor lagi.
karena mengetatkan ikat pinggang. :(
nah ... bisa dibayangkan.
kalau nggak gitu, dalam waktu kurang dari 1 tahun terpaksa
saya jualan makanan/komputer/HP untuk mendanai operasi IDNIC ;-)

saya menangkap ada kesan dari komunitas agar tidak dinaikan karena untuk
kompetisi dengan gTLD. padahal kita bukan kompetisi dengan gTLD yang
memang cari duit. begitu kira-kiranya.

jadi untuk development dll. masih jauh pak.
sebelum ke development, saya masih butuh 1 server lagi,
(ada yang mau nyumbang?)
dan biaya untuk co-location (secara profesional) di tempat lain.
(saat ini hanya di elektrindo dan di indosat)
kira-kira biaya co-location ini sekitar Rp 3 jt/bulan lah.
masih garuk-garuk kepala, juggling dengan masalah ini dan itu.
tapi ini antar kita-kita aja ya? ;-)