Waktu jaman orde baru duluuu, bila ada pejabat akan berkunjung, atau hanya
sekadar lewat daerah kumuh, apalagi ada tamu dari luar negeri, daearh kumuh
itu sudah dipastikan akan "dibersihkan" lebih dulu. Penduduk yang tinggal di
daerah ini seperti kotoran dalam rumah yang dimasukkan ke karpet untuk
kemudian orang2 sama2 menginjak2 karpet itu. Ingat kasus Jan Prank, menteri
kerjasama pembangunan Belanda yg juga ketua IGGI dgn gayanya yg 'sruntulan'
(dgn ditemani aktivis2 LSM) mblusuk2 ke daerah2 kumuh - yang membuat
pejabat2 Indonesia dibuat kalng kabut dan kemudian menekan aktivis LSM....
Ini salah satu kisah masa lalu kita.

Saya setuju dengan pendapat Ki Puguh bahwa orang2 yg tinggal di daerah kumuh
sama sekali tidak mengekloitasi kemiskinanya. Banyak teori ekonomi
pembangunan pada thn 70-80an, al: Dependency Theory, al: Andre Gunder Frank,
Peter Evans, Paul Baran yang berbicara ttg proses kemiskinan struktural.
Yang perlu dicermati mungkin ide membuat tour. Tapi kita jangan su'uzhon
dulu. Apa salahnya juga membuat paket tour, mengajak "orang asing" melihat
realita atau sisi lain dari wajah kota/kita. Bahwa wajah kita tidak hanya
sekitar silang monas (istana) atau bunderan HI (mal grand Indonesia),
senayan, atau pondok indah, atau museum2 atau Gedung Kesenian, TIM,
Salihara, tempat pertunjukan2 yang sering dianggap menampilkan seni tinggi
(high art), mungkin perlu juga mereka diajak ke kolong kembatan Jatinegara
tempat pertunjukan sintren, tayub, atau jaipong. Biarlah semua realita itu
sebagai as it is, apa adanya. Penilaian diserahkan ke masing2 orang...
Jika mengajak wisman, ada baiknya juga, setelah capek keluar-masuk daerah
kumuh, kita ajak nongkrong, ngopi2 atau minum wine di cafe yang lavish di
hotel bintang lima, sambil mungkin ngomong2 tentang kemiskinan dunia
ketiga.... sedikit absurd, sebasurd dunia ini.

tabik,
yudhi
Pengecer Jasa Yoga