1. Tujuan utama di mojokerto adalah trowulan.

-Berapa lama perjalanan dari Surabaya ke trowulan?

 dari Surabaya ke trowulan sekitar 1.5, dari bungurasih naik saja bis
jurusan Jombang atau jurusan yogyakarta. Segala jurusan pokoknya yang lewat
Jombang. Dan minta  turun di perempatan trowulan. Dari perempatan ada 3 lokasi
wisata. Museum (pusat informasi majapahit, mohon dicatat museum tutup hari
senin, makam putri cempa, kolam segaran). Lokasinya berdekatan dan bisa
dijangkau dengan jalan kaki.

-Bagaimana menuju kesana dengan kendaraan umum?
 sudah dijawab di atas

-Penginapan di trowulan yg budget adakah?
 untuk penginapa saya kurang tahu. Soalnya kayaknya di trowulan nggak
ada penginapan.

-Objek wisata & wiskul yg wajib dikunjungi? & paling efektif pake moda
apa ya untuk keliling?
 objek wisata yang wajib dikunjungi adalah:
candi brahu dan situs gentong (keduanya berdekatan, terletak di desa bejijong),
kolam segaran, museum, makam putri cempa (berdekatan), gapura bajang ratu dan
candi tikus (agak jauh dari museum), gapura wringin lawang (sebelum perempatan
trowulan), pendopo agung (agak jauh dari museum), situs kedaton (agak jauh dari
pendopo), umpak dan situs lantai segi enam (berdekatan dengan kedaton dan
umpak). Agak jauh dan berdekatan di sini kira kira jaraknya nggak sampai 1
kilometeran. Makam troloyo.
Dan kalau sempat mampir di maha vihara di desa bejijong, di situ terdapat big
Buddha sleeping yang katanya terbesar ketiga setelah Thailand dan Nepal.

Moda transportasi paling efektif adalah motor. Karena nggak ada angkot menuju
tmpat2 tersebut, klo naik becak bisa rugi. smua itu bisa satu harian, klo sewa
mobil yang skalian ke pacet. Ini fokusnya kemana? Pacet apa trowulan? Soalnya
bisa sharian klo kliling trowulan. Intinya di trowulan penuh dengan objek
wisata sejarah, karena merupakan pusat dari kerajaan majapahit. Minggu kemarin
baru ke sana sih, tapi blum sempet buat field trip (catper). Yang sempet
ditulis cuma maha vihara  bisa dibaca di http://alidabdul.wordpress.com,

Klo mau wiskul di trowulan ada sambel wader di depan kolam segaran, sambalnya
rasanya seger dan wadernya kremes.

2. Tujuan Utama di pasuruan adalah Sukorejo dan
sekitarnya(pandaan,beji dkk) Penginapan akan nebeng di tempat teman.
Dari trowulan naik angkot ke terminal mojokerto dan dari mojokerto naik bis
warna kuning jurusan pasuruan. Nanti setelah pasuruan bisa tanya deh orang
sekitar bagaimana menuju sukorejo.

Best Regards
Alid Abdul
--is not about the destination, is all about the journey--

--- In indobackpacker@yahoogroups.com, "Prasetyo, Ary Agung" <ary.prase...@...>