From: is-lam-boun...@milis.isnet.org [mailto:is-lam-boun...@milis.isnet.org]
On Behalf Of Wong Lim Pok
Sent: Friday, May 08, 2009 8:08 AM
To: is-lam@milis.isnet.org
Subject: Re: [is-lam] Nabi Musa A.S. dan Pak Firaun Was: RE: KENAPA
AGAMABERBEDA? PADAHAL SUMBERNYA SAMA, lanjutan 3

Saya tertarik kepada point 5 di bawah.

Memang betul, kuburannya Pak Firaun berada di sebelah barat sungai dan
Istananya di sebelah timur Nil. Para pyramid di Memphis (Giza) di sebelah
barat Nil, begitu juga Wadiul Muluk di Thebes. Sementara Istananya baik yang
di Akhmim dekat Sohag mau pun yang di Luxor berada di timur Nil.

Saya telah menyusurinya sepanjang Nil ke Sohag dan ke Akhmim yang sekarang
sedang digali dan dianggap di sinilah sebenarnya istana Firaun masa Nabi
Musa, dan sekarang peneliti dari Sohag Univ sedang mencari lokasi letak dari
kampong Bani Israil tempat Nabi Musa lahir. Namun dari Istana Akhmim ke Nil
sudah jauh sekitar 2 km (mungkin sungai sudah bergeser dalam masa ribuan
tahun). Pada penggalian Akhmim yang sempat saya turun ke lobangnya terdapat
beberapa patung diantaranya Nefertiti.

Selanjutnya ke Selatan 3 jam darat ke Luxor terdapat sejumlah istana lama.
Yang uniknya, di tengah peninggalan istana di Luxor (Al Uqsur) terdapat
sebuah masjid. Satu jam ke Wadiul Muluk (Valley of the Kings) terdapat
sejumlah kuburan dan satu yang terbesar menempel dikaki bukit. Penat juga
rasanya seperti naik kuil gua Batu Cave Selangor.

Sementara Pak Firaun yang diprediksi pengusir Bani Isarel sekarang ini ada
di Museum Mesir. Ketika saya datang, dia sedang tidur buktinya matanya
terpejam. :-). Dia diseret dari tempat tidurnya dari dalam pyramid ke museum
supaya semua orang dapat melihatnya. Allah memelihara mayat Pak Firaun ini
supaya menjadi peringatan bagi manusia sesudahnya. Surat Yunus ayat 92.
Kalau masih dalam pyramid tak banyak yang dapat melihatnya karena jalan
masuknya sempit. Orang-orang gede seperti Mas Dewa Gede Permana :-) susah
untuk masuk.

Wassalam,

Wong

Numpang: Mas Al Khori, apakah rombongan Pak Kertasih sudah sampai ke Qatar?