GPS pada dasarnya merupakan alat yang bisa menerima data2 satelit2 yang ada di
langit, yang khusus mengirim data2 yang bisa diolah, menjadi data berupa
koordinat lokasi alat itu, antara lain sekian derajat lintang Utara atau
Selatan dan sekian derajat bujur Timur atau Barat, serta Altitude atau
ketinggiannya dari permukaan laut.
Nah, dengan penggabungan data tersebut dengan peta yang sudah dikalibrasi,
dengan display, maka lokasi alat, bisa terlihat di peta dan kalau dilengkapi
dengan perekam data, maka lokasi tersebut, bisa disimpan, disebut Waypoint,
untuk tetap ditampilkan atau kelak ditampilkan.
Saat alat bergerak, maka data akan berubah, yang berarti kalau datanya direkam,
ada lebih dari satu data.
Dua data ini, data awal dan akhir, bisa dihitung menjadi penunjuk arah atau
Kompas, arahnya ke mana, Utara, Selatan, Barat, Timur, dalam satuan derajat.
Juga bisa dihitung selisih waktunya, sekian detik, menit, jam.  Juga bisa
dihitung kecepatan pergerakan nya, berapa m/detik, m/jam, km/jam.
Juga bisa dihitung penanjakan atau penurunannya, berapa derajat.
Nah, kalau data2 berpindah ini di rekam, apakah tetap ditampilkan atau kelak
ditampilkan,  maka kita bisa melihat Track atau jalur yang sudah di tempuh alat.
Kalau pada peta, sudah ada rekaman Track2 petanya, maka bisa dicarikan dan
ditampilkan, lewat track2 mana, kalau kita ingin pergi ke suatu tempat, dari
lokasi kita saat ini, ke lokasi, yang sudah diketahui di peta atau sudah
terdaftar. Dinamakanlah track2 ini sebagai Route atau rute yang disarankan.
Bisa juga dipilih rute dari titik ke titik, rute kalau berjalan kaki, rute
kalau menggunakan mobil, rute kalau menggunakan kendaraan umum dan rute2
lainnya.
Data ini, bisa juga untuk dikirimkan dari alat ini, ke tempat lain, sebagai
petunjuk, saat ini alat ini berada di mana, yang disebut sebagai Tracker,
apakah data dikirim melalui SMS GSM/CDMA, melalui pemancar radio, juga melalui
satelit.
Bisa juga untuk bisa berkomunikasi 2 arah, misalnya dari tempat pengamatan,
bisa mendengar suara disekitar peralatan, bisa mematikan suatu fungsi,
misalnya mematikan mesin mobil, kalau dicuri.
Itulah penjelasan nya dan baru penanya bisa memutuskan, memerlukan yang mana,
GPS sebagai Navigasi, yaitu alat penunjuk jalan dengan petanya, atau GPS
sebagai Tracker, atau alat pemberitahu lokasi, di mana pengamat bisa mengetahui
ada di mana di petanya atau melakukan sesuatu, melalui media apa.

Salam

Dicky Soeliantoro <dimdi...@yahoo.com.sg> wrote:

>Coba bantu yah...
>1. GPS mengambil data koordinat lokasi dari satelit. Untuk lebih
>akurat, diperlukan koneksi ke minimal 3 satelit.
>2. Setau saya, layanannya di Indonesia namanya BYRU. Handsetnya
>modelnya jadul jadul dengan antena besar.
>Kalo untuk lebih detailnya mungkin teman teman bisa membantu lagi
>Warm Regards,
>Dicky Soeliantoro

Sent from my Sony Xperia S with K-9 Mail.