On Tuesday, June 10, 2008, 9:43:35 PM, Wilbert wrote:

> Waduh, sayang sekali tidak bisa dilihat source nya.... Tapi itu
> buatnya pakai bahasa apa? Apakah langsung coding bahasa mesin?
> hahaha! Atau yang agak di atasnya, assembly?

Tentu saja saat itu mainstreamnya pake C karena java juga pada masa
itu baru-baru saja terdengar, itu pun masih samar-samar, borland c++
v4.x waktu itu sudah mendukung 32bit DPMI yang memberikan keleluasaan
lebih untuk proses kompilasi yang umumnya makan memori yang besar.
Tapi banyak bagian di dalamnya pake inline asm, terutama pada bagian
machine code generation, itu bagian yang sangat bikin repot, paling
parah awal-awalnya bahkan dulu pake bantuan utility dos debug.com
hanya untuk menerawang machine code dari asm instruction yang dibuat.

seperti saya bilang sebelumnya itu jaman susah dulu, hal-hal yang
kelihatan begitu kompleks dan sulit jadi gak begitu terasa karena
emang gak punya pilihan lain. pilihannya cuma satu, kalau mau ya cuma
itu jalannya. Belum ada utility kayak antlr, yacc, coco yang membantu
proses parsing ini lebih mudah seperti sekarang, setidaknya kalau pun
sudah ada, untuk mendapatkannya masih susah.

--
Salam,

-Jaimy Azle

"Great new ideas usually come from very small teams...
 don't give up so easily."
      -- John Kaster

Kirim email ke