> Masa sih compiler java dibuat pake java??
> Bukannya pakai bahasa C? Trus bahasa Java itu sendiri gimana yah
> konstruksinya?
>
> Kalau bisa buat compiler dengan bahasa Java,
> asik juga tuh...

jadi ikutan tertarik nih liat2 OpenJDK, trus ketemu artikel ini :

http://nb-openjdk.netbeans.org/get-and-build-compiler.html

gw heran yah, kok ternyata javac ketika dibuild di linux bisa
menghasilkan dua buah keluaran, yang pertama javac (file binary) dan
javac.jar

kita bisa compile file java dengan cara :

 % javac HelloWorld.java

atau :

% java -jar javac.jar HelloWorld.java

hmmm menarik juga :D

kalau di linux source javac dicompile dengan GCC dan make tools, kalau
di windows pake visual c++, ada yang bisa confirm di bagian
windowsnya? gw dulu pernah baca tapi nggak ketemu referencenya.

--
Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia
Java Training Center

http://ifnu.artivisi.com