From: Ifnu bima <ifnub...@gmail.com>
Subject: Re: [JUG-Indonesia] Hibernate v EJB
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Date: Monday, September 14, 2009, 1:23 PM

                  > menurut saya , sebaiknya kamu pelajarin EJB3 aja  , karena
kalau Hibernate doang, membuat query yang kompleks agak susah, karena gak
native SQL nya. kalau EJB3 kamu melakukan query seperti ini.

> "select data from customer data"

> kalau di Hibernate memakai bahasa Java dan method methodnya banyak juga.

> Learning EJB3 you will not regrest to study that things.

hmm... ada point yang saya nggak stuju.

EJB3 entity bean itu menggunakan JPAQL dan bukan native sql juga.

Menurut pemahaman gw dari istilah2 yang sering digunakan, Native SQL

itu adalah sql sintaks yang spesifik ke RDBMS tertentu, semisal di

mysql ada sintaks limit sedang di sql server nggak ada tuh sintaks

limit.

Kemudian masih ada PL/SQL untuk oracle dan Transact-SQL untuk sql

server. Nah ini yang disebut native sql.

Belajar EJB3 justru lebih banyak yang harus dipelajari, SLSB, SFSB,

MDB, Timer, dan lain2

Seproporsionalnya saja, EJB itu fullblown tech, dan acomodate untuk

aplikasi apa aja. Cuman dari sisi programmer, deployment server

resource dan maintenance nggak sesederhana Hibernate saja.

--

Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia

Java Training Center

See our course @ artivisi.com