- secure-random sih dah bagian standard library di most programming
languages..

- dengan predictably random pun, berapa likely sih buat nebak 5 digit
correctly dalam 2 kesempatan? Chancenya dwarfs the risk.. mengingat
kebanyakan personal saving accounts by-default cuma dikasih transfer limit
$3k per hari.

- Kalopun lu bisa nebak tuh 5 digit dengan 100% accuracy (e.g. sniff sms
packet), u'll find it hampir mustahil buat exploit tuh account tanpa expose
identity lu. IP lu kan ditrack, dan lagian lu bakal transfer tuh duit ke
rekening siapa?

Makanya biasanya kita kan gak butuh masukin sms code lagi kalo ngirim ke
rekening yang dah pernah kita kirim sebelomnya kalo cuma $1k or less. Jadi
gak ngerepotin tiap mo transaksi mesti masukin token-code lagi kalo toh
rekening tujuannya dah kita kenal (Kalo tuh orang malingin lu, gampang
ketangkep).

Kalo lu jadi maling sih daripada ngebobol bank account, lebih banyak bigger
fish yg bisa lu tangkep dengan significantly less effort. Credit-card hampir
gak ada security apapun. Semua call-center agents yang lu bacain nomer
credit-card lewat telpon, mereka langsung posses all the required info buat
ambil duit lu (gak ada one-time password). Hampir semua IT staff yg kerja
most online retail shop bisa dengan gampang baca semua credit-card
information di sistem mereka.
Tapi tetep ajah gak gampang buat spend tuh duit. Semua online merchant gak
memungkinan pelanggannya buat beli apapun tanpa somehow expose identitas
pembeli (e.g. delivery address).

Jadi gw sih gak terlalu liat manfaatnya otp device yg dipersenjatai dengan
brightest algorithms... Coding cupu dengan random-number + sms ajah dah
reasonably unbreakable buat kebanyakan personal banking, yang buat gw seems
to be solusi yg lebih logical dari sisi development cost maupun customer's
convenience.
Gw gak pernah demen (so called) "mobile" banking yg mesti nenteng2 otp
device kemana2. Keybca gw pernah ngaco, dan rek gw jadi dilock pas gw lagi
overseas, dan shockingly, menurut call-centernya, there was *absolutely
nothing* anyone could do about it, not even high-ranking officers mereka!
Unbelievable. Untungnya itu bukan pot duit utama gw, otherwise situasi gw
bakalan dah 100% f'd up, mesti cari jembatan yg kolongnya hanget.

Dan anyway, yg rugi dari security breach toh bukan customers ato merchants,
melainkan banknya sendiri.. Most banks kan ngasih 100% garansi against
fraud.

2010/7/15 Monang Setyawan <mon...@gmail.com>

> [...]
> "Don't worry about what anybody else is going to do. The best way to
> predict the future is to invent it." - Alan Kay

Kirim email ke