On Wed, Mar 20, 2002 at 03:32:15AM -0700, -hmi- wrote:

> Saya kepingin ada interface di web yang bisa digunakan anak-anak untuk
> mendapatkan email gratis dengan domain sendiri, seperti yang kita sering
> jumpai di palasa.com dan sejenisnya. Perbedaanya karena terbatasnya space,
> email itu harus saya approve dulu baru bisa dipakai.
>
> Yang sudah saya lakukan sekarang tampaknya kurang efisien. Saya menyediakan
> sebuah form kertas yang harus diisi siswa baru kemudian saya buatkan email
> untuk mereka. Ternyata peminatnya lumayan banyak sekali, sebagian besar cuma
> ikut-ikutan, sehingga saya capek memasukkannya ke server.

> [...]

Idenya sih boleh saja, hanya bagaimana menentukan siswa yang ini perlu
domain yang ini, siswa yang itu perlu domain yang itu.
Bagaimana dengan sekolah yang punya 1000 siswa, dan 800 dari siswa
tersebut nggak pakai email yang berhubungan dengan namanya, mis ...
[EMAIL PROTECTED], tapi pakai [EMAIL PROTECTED], dan isi namanya
juga aneh yaitu tukang ojek.
Kan repot ? :)

Kalau saya sih lebih milih menggunakan access shell saja seperti Pak
Bambang di Penabur (Pak Bambang, coba tolong cerita cerita dong
pengalamannya) ....
Jadi sekolah tinggal mengumpulkan username dari si siswa tersebut, terus
admin tinggal

csh
foreach i (`cat /path/to/daftar.txt`)
? ~vpopmail/bin/vuseradd $[EMAIL PROTECTED] -p $i -s 2000000
? end

(passwordnya di set sesuai dengan username, dan si siswa bisa ubah
sendiri nanti).
dan untuk daftar.txt itu misalnya
siono
sianu