gdeys...@gmail.com wrote:
Dear all,
saya mo tanya tentang linux bash programing. Ceritanya saya memiliki banya ribuan atau bahkan jutaan file .jpg. File sebanyak itu hasil dari harddisk yg rusak. Nah bash programing yg bisa untuk mencari tau properties dari file jpg bersarakan informasi file di buat (misalnya) lalu dilajutkan ke aksi untuk membuat folder berdasarkan informasi tadi dan kemudian semua file jpg yg memiliki info yg sama sebelumnya langsung di copy kan kedalam folder tersebut.

workflownya kurang lebih kek gini :
file1.jpg > scan (cat) > found : keyword date: 02 feb 09 > create folder : 02 feb 09 > copy file.jpg into 02 feb 09

Kira2 bisa bantu untuk bikin bash scriptnya ?

terima kasih.

Ada juga script python:
http://www.linuxjournal.com/node/1005967

Bisa dipelajari dan dimodifikasi sesuai kebutuhan

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com