----- Oorspronkelijk bericht -----
Van: "Akhmad Hidayat" <[EMAIL PROTECTED]>
Aan: <media-dakwah@yahoogroups.com>
Verzonden: dinsdag 2 augustus 2005 8:07
Onderwerp: RE: [media-dakwah] AKHLAK DUN KONSEPSI TASAWUF

> Wa'alaikum salam wr.wb.,
>

> ** Hidayat **
> Pak Marconi yang dirahmati Allah,
> Apakah Bapak bisa menunjukkan contoh atau bukti dari ungkapan Bapak di
> atas, yaitu tentang konsep tasawuf yang 'mengada-ngada' serta 'perekaan
> dan fantasi' pensucian jiwa?  Dan apakah benar bahwa tasawuf itu tidak
> bisa dilakukan oleh orang yang bekerja mencari nafkah?  Maaf, saya tidak
> faham ...
>
> Salam,
> Hidayat

Pak Hidayat,

Sebagaimana dimuat dalam mail yang sudah kita baca, di sana diungkapkan
tentang adanya cara-cara "penyucian jiwa"yang akan mencapai "tingkatan" yang
harus dilewati di bawah pimpinan "muhlisin" (ini hanya sebagai sekedar
contoh saja sedangkan lain-lainnya masih banyak termasuk yargon-yargon yang
digunakan dan bahasa kejuruan Tasawuf). Bandingkan metodologi "penyucian
jiwa" tsb dengan metodologi dari berbagai aliran kepercayaan dan agama yang
ada di masyarakat manusia.

Kemudian CARILAH di al-Quran metodologi "penyucian jiwa" yang serupa.
ADAKAH?  Juga cobalah cari tuntunan "penyucian jiwa" semacam Tasawuf itu
dari sunnah dan hadits rasulullah Muhammad saw. Kita TIDAK MENEMUKANNYA di
dalam kedua sumber utama yang kita terima sebagai panutan. Di dalam
Kitab-Kitab yang diwahyukan kepada para rasulullah juga tidak akan kita
temukan metodologi "pensucian jiwa" semacam yang sekarang ini digandrungi
manusia: Tasawuf, Yoga, Reiki, Satria Nusantara dll. Model-model metodologi
"pensucian jiwa" semacam itu secara hakekat TIDAK DAPAT MEMECAHKAN
masalah-masalah kejiwaan yang diderita manusia. Artinya tidak dapat
memberikan jalan keluar yang diharapkan, tetapi jalan keluar sementara itu
mungkin ada. Satu contoh yang bear dapat kita kaji pada diri Imam Al-Gazali.
Semula al-Gazali mencoba melalui Falsafah hendak memahami Allah swt dengan
melakyukan kritik filsafat kepada para ahli filsafat yang telah menyimpang
dari aqidah. Dia mencoba mempergunakan filsafat Aristoteles untuk
menguraikan pendapatnya sendiri, tetapi pada hasil ahirnya oleh Ibnu Rusyid,
setelah setengah abad kemudian, posthumus ditunjukkan bahwa imam al-Gozali
telah berpijak kepada filsafat neo-Platonisme yang menjelaskan tentang teori
immanasi Ide Aristoteles dalam penjelasan logica Tuhan. Pada ahir hidupnya
al-Gazali sendiri telah kecewa atas filsafatnya sendiri dan kemudian
ditinggalkannya filsafat tetapi dia memeluk sufisme yang kita kenal sebagai
Tasawuf. Artinya "setali-tiga-uang" (sebuah ungkapan bahasa Melayu kuno
untuk "sama saja") masih berkisar dalam sistim berfikir SPEKULASI. Allah swt
di dalam al-Quran dan juga dalam wahyu-wahyu yang diwahyukan kepada para
rasul dan nabi TIDAK MEMPERGUNAKAN sistim berfikir spekulasi dalam
menjelaskan tentang KEBERADAANNYA. KEBERADAAN ALLAH SWT itu mutlaq, haq,
benar, nyata dan untuk membuktikan firman ini manusia diperintahkan
melakukan study atas alam semesta seisinya, termasuk keberadaan manusia
sendiri. Jadi tidak memerintahkan untuk melakukan study terhadap tuhan atau
ketuhanan!!!!!!!!!!!!!! Dengan demikian manusia diwajibkan oleh Allah swt
untuk hidup mengikuti hukum dan aturan main yang telah ditetapkan oleh Allah
swt bagi manusia (Hukum alam semesta dan Hukum masyarakat manusia). Agar
manusia menyadari bahwa dirinya adalah mahluk TERTINGGI di antara semua
mahluk ciptaan-NYA dan dengan demikian supaya manusia BERAHLAQ MANUSIA.
Ahlaq manusia itu wujudnya adalah al-Quranu al-Kariim. Artinya hidup kita
ini, perasaan, pemikiran, polah laku, etika-moral, kerja dan seluruh aspek
hidup kita HARUS DIBIMBING oleh firman-firman Illahi. Demikianlah yang
difirmankan oleh Allah swt agar kita kaum Muslimin BERISLAM SECARA KAFFAH.

Wassalam,
A.M