Alhamdulillah
mudah-mudahan dari sini kita bisa mengambil hikmah bahwa ternyata orang
Islam itu hampir semuanya adalah Ahlus sunnah wal jamaah. pokoknya selama
berpegang teguh kepada Alquran dan hadist dan juga tetap bersatu (berjamaah)
dan saling menyayangi maka itu adalah Ahlus sunnah waljamaah.
jadi walaupun ada Salafi,IM.JT.Assunah dll atau apapun mungkin termasuk juga
syi'ah dan sunni, pokoknya selama masih berpedoman pada Alquran dan hadist
maka mungkin masih termasuk Ahlussunnah Wal jamaah. kalau saja ada perbedaan
pendapat atau Ijtihad (baik besar maupun kecil) adalah wajar wajar saja.
bahkan mungkin ada yg sampai dikatakan menyimpang tapi pasti maksudnya sih
masih tetap berpedoman pada Alqur'an dan Hadist (hanya salah ijtihad)

kalau sudah sampai ingkar sunnah...baru itu bukan Ahlussunnah wal jamaah.

sebetulnya dari pertanyaan saya itu ada sesuatu yg ingin saya tanyakan lagi.
yaitu: kenapa Allah yg Maha Pengasih dan Penyayang ini mentaqdirkan begitu
banyak Ahli neraka? (lebih dari setengahnya manusia yg dilahirkan)
tapi saya tidak menuntut jawaban dari ikhwan/akhwat. karena ini adalah
kehendak dan taqdir yg pasti hanya Allah SWT yg mengetahui maksudnya.  saya
hanya bertanya2 pada diri sendiri saja..kenapa begitu/begini dan
seterusnya..
tapi kalau ada ikhwan akhwat yg bisa dan mau menanggapi, saya berterimakasih
sekali.