terima kasih banyak mba anna atas solusinya untuk kedua masalah anak saya,
akan saya coba untuk lebih konsisten lagi.satu lagi nih mba,anak saya sejak
bayi sampai umur 3 tahun sekarang kok ga pernah mau jawab pertanyaan orang
lain/saudaranya ya....sampai2 nenek kakeknya dan saudara2 yang lain tuh udah
ga pengen nanya dia coz percuma nanya juga ga bakal dijawab,padahal kalau
sama saya cerewetnya minta ampun.kadang saya sedih sekali karena anak saya
jadi banyak yang nyuekin.terima kasih jawabannya

On 8/15/08, Anna Surti Ariani Teguh Budiman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  Singkat cerita, utk usia ini masih cukup wajar, karena dia sudah mulai
> mengerti bahwa alat kelaminnya bisa menimbulkan kesenangan. Tapi tentu saja
> tak perlu dibiarkan terus karena bisa berakibat kurang baik untuk
> perkembangan emosi, sosial, dan seksualnya. Jadi Bu, gimana kalau anak
> dikasih lebih banyak variasi aktivitas sehingga nggak sampai berpikir perlu
> 'gemes2an' ini. Kalau anaknya sedang gak punya kegiatan lain yg menarik kan
> dia jadi kepikir ingin melakukan 'gemes2an' ini.
>
> Nah, kalau sudah dikasih kegiatan2 menarik lain dan sesekali dia masih juga
> [...]

Kirim email ke