Dear pak Budiman
Tolong diperjelas maksud dari kata "INDISIPLINER" supaya tdk terjadi salah
penafsiran/kelirumologi dikemudian hari
Indisipliner sepengetahuan saya (mohon dikoreksi )adalah tindakan
karyawan/pelaut yg tidak mematuhi aturan yg ditetapkan oleh majikan/owner/
nahkoda, hal ini biasa terjadi dimana saja nanti tinggal dirunut saja apa
penyebabnya apakah memang pelaut yg trouble maker ato ada hak hak dari pelaut
yg tidak dipenuhi baik yg tersurat ato tersirat, hal ini tempus delicty nya
biasanya terjadi setelah diatas kapal
Ato kalo yg sering dikeluhkan manning agency  pelaut sering mangkir setelah
semua dokumen disepakati pkl, tiket keluar , lg sdh terbit tidak muncul dihari
keberangkatan kalo menurut saya ini lebih tepat pake istilah wanprestasi,
Saya hanya bisa kasi koment kalo namanya resiko itu hal biasa dalam bisnis pak,
itulah makanya harus ada risk assesment seperti penerbit kartu kredit jangan
asal tarik orang di mall kasi janji janji selangit abis itu kredit macet
nasabah yg di salahkan 100%
Sekarang pertanyannya berapa prosentasi kerugian manning agency disebabkan oleh
mlc? Itupun kalo bener bener mlc ini diterapkan sesuai aturann di negara sarang
penyamun ini?lantas kalo bicara kerugian bagaimana dengan keuntungannya?
Jangan lupa sejak bertahun tahun lampau hingga detik ini pelaut masih di posisi
paling bawah dalam susunan RANTAI MAKANAN apapun aturan dan oleh siapapun
aturan itu dikeluarkan sampe detik ini semua nya hanya membuktikan 1 hal
saja....... UUD dan itu ditanggung semua oleh pelaut (Indonesia)

Saya ingat pepatah tiongkok kuno "kalo ingin minum susu segar setiap hari
rawatlah sapimu seperti merawat anakmu"

Salam pelaut

Sent from Yahoo! Mail on Android