In a message dated 1/6/99 8:59:06 AM Eastern Standard Time, [EMAIL PROTECTED]
writes:

> Anda posting mail yang banyak ketidakpastian Bung Irwan!
>
>  ditambah anda malah JELAS-JELAS menghakimi tanpa bukti!
>  silahkan buktikan (pakai real audio atau mp3, mungkin yang bisa di
>  download) semua yang anda sebutkan sebagai bukti tsb!
>
>  dalam kondisi keruh seperti ini, anda malah membuat suasana keruh,
>
>  bagaimana mungkin anda akan merasakan kedamaian di Bumi Indonesia, seperti
>  yang anda sebutkan, sementara anda sendiri melakukan hal yang memperkeruh
>  suasana.
>
>  mohon berfikir dahulu sebelum posting email!
> [...]

Waduh bung Yadi, sabar bung....sabar.....:)
Lha, posting saya kemarin khan dalam rangka minta konfirmasi
dan bukan dalam rangka menghakimi. Masa sih bahasa Indonesia
kurang jelas? Coba deh dibaca ulang lagi, benar ngga yg saya
omongin ini? Saya minta konfirmasi seperti ini khan akan lebih
baik ke rekan2 saya yg berbeda agama di milis permias ini.
Kalau saya dapat informasi dari satu sumber doang dan ngga
check and recheck lagi itu khan malah kurang baik. Bukan demikian?

Sisi positif lainnya dari saya posting khan itu di milis permias adalah
rekan2 saya yg beragama Islam bisa mengetahui ada informasi/rumors
seperti apa yg saya dengar. Nah, jadi rekan2 bisa cari tahu kebenaran
akan informasi tersebut atau pun juga meluruskan dari informasi yg
salah. Dengan demikian kita bisa sama2 mengerti situasi yg berkembang.

Saya asumsikan rekan2 yg terdaftar di milis permias itu pikirannya
sudah pada dewasa cara berpikirnya dan ngga gampang disulut2.
Namanya juga kaum intektual, masa masih bisa dikomporin sih?....:)
Itu makanya saya postingkannya di milis permias.

Bung Yadi, bagi saya tuh kedamaian tidak ada kalau satu pihak
atau golongan masih menekan pihak atau golongan yang lain.
Kedamaian tersebut bagi saya adalah kedamaian semu.

Kalau anda mau mengartikan posting saya tersebut adalah untuk
memperkeruh suasana, saya mau bilang apa lagi? Silahkan anda
mau mengartikan apa saja atas posting saya tersebut, tapi yg jelas
saya sedang cari konfirmasi atas berita/isu yg saya dengar dengan
tujuan untuk mencari kejelasan berita atau pun menegakkan hukum agar
tidak terjadi perbedaan perlakuan kalau memang informasi/rumors
itu benar adanya.

Dalam posting terpisah pun saya juga meminta transkrip atau konfirmasi
atas ucapan Theo Syafei sewaktu di Kupang.
Soalnya yg saya dengar Theo menyampaikan tentang ambisi ICMI
dan sub organisasinya yg bertujuan "meng-Islam-kan" Indonesia.
Dan tampaknya hal tersebut telah berubah menjadi
"Theo melecehkan Islam". Padahal kita tahu bersama kalau memang
benar yg diucapkan oleh Theo Syafei itu adalah soal ICMI khan seharusnya
tidak ditarik ke agama karena setahu saya ICMI itu adalah organisasi
dan Islam itu tidak sama dengan ICMI (tolong saya dikoreksi kalau salah).
Catatan: saya tidak sedang memberikan pernyataan bahwa apa
yg saya dengar tentang isi ucapan Theo adalah yg benar.

Itulah sebabnya saya ingin kejelasan atau konfirmasi atas informasi2
yg saya dengar. Dan milis permias saya anggap sebagai salah satu
alternatif mencari konfirmasi.

Mudah2an bung Yadi sekarang bisa melihat poin saya sekarang.
Kalau pun anda belum juga bisa melihatnya, ya tidak apa2.
Tapi yg jelas saya tidak melihat ada salahnya mencari konfirmasi
atas informasi2 yg belum jelas kepada rekan2 di permias.
Semakin banyak kita punya informasi2 semakin kita mengenali
situasi yg ada di sekitar kita.