Dear friends,

Seperti dikatakan artikel di bawah ini, satu2nya penghalang kita untk
produktif menulis adalah malas. Tentu saja kemalasan itu dipoles dg
berbagai alasan: tidak mood, tidak bakat, tidak perlu, akan tampil di
hal lain, sibuk, dll. Padahal menulis itu persis seperti berbicara:
ia menjadi sarana komunikasi bagi siapa saja; bagi sastrawan,
insinyur, ulama, pendeta, mahasiswa, diplomat, rakyat, pejabat, dll.

Bagaimana memulainya? spt yg dikatakan artikel di bawah, mulailah
dari hal kecil; dg menulis sebaris dua baris di milis ini, menulis
separagraf dua paragraf di milis umum, menulis surat pembaca di
media, menulis artikel dan kemudian menulis buku.

Di negara maju seperti Amerika, semua tokoh menulis buku: dari tokoh
militer, seniman, pejabat tinggi, diplomat, apalagi dosen dan
profesor. Mengapa kita tidak? Jawabnya satu: malas. Bagaimana cara
menghilangkan malas? Jawabnya: Tidak malas. hehe

salam hangat,

sumber: http://www.eramuslim.com/ks/bp/49/13750,1,v.html
Melatih Diri Agar Produktif Menulis
Assalaamu'alaikum Wr Wb

Saya minta dijelaskan cara melatih diri untuk bisa lebih produktif
menulis. Karena bagi saya, menulis cerpen atau bahkan buku harian,
saya lakukan tidak setiap hari. malah seringkali tergantung 'mood'
saja. Padahal saya ingin sekali suatu saat bisa menerbitkan kumpulan
cerpen. Mohon bantuannya.

Terima kasih
Wassalaamu'alaikum Wr Wb
Marina

Jawaban:

Assalaamu'alaikum Wr Wb

Salah satu kendala menulis yang paling besar adalah malas menulis
karena tidak mood. Sering penulis sudah mempunyai konsep tulisan tapi
untuk mulai mengerakkan pena kemudian terasa berat.

Hal itu sangat lumrah. Para penulis besar saja juga bisa berhenti
menulis selama bertahun-tahun karena sedang tidak mood. Tapi jangan
lupa! Selama apapun mereka tidak produktif penerbit akan tetap
menunggu karya-karya mereka. Lalu bagaimana dengan penulis pemula
yang baru menghasilkan sedikit buku? Belum tentu penerbit dengan
setia menunggu dan meminta karya-karya mereka selanjutnya. Apalagi
penulis yang belum menghasilkan karya sama sekali. Tidak akan pernah
ada orang mengenal namanya.

Memang jalan untuk menjadi penulis tidak lain adalah menulis. Apakah
ada cara agar kita bisa menjadi seorang penulis yang produktif? Tentu
ada. Berikut ini beberapa cara sederhana dan insya Allah sangat
membantu.

- Mempunyai niat kuat. Setiap penulis pasti punya niat yang berbeda
untuk menulis. Ada yang senang menulis diary dan puisi sebagai record
pribadi. Ada juga menulis cerpen dan artikel untuk berdakwah atau
mengasah pengetahuan. Tumbuhkan niat kuat yang akan menjadi
alasan 'untuk apa kita menulis'.

- Tetapkan target. Daripada mengatakan : Suatu hari saya ingin
menerbitkan kumcer, katakanlah satu bulan lagi saya akan mengirim
lima belas cerpen ke penerbit. Itulah yang disebut target. Dengan
target ini kita terpaksa menyicil menulis cerpen setiap hari agar
satu bulan lagi sudah bisa dikirim ke penerbit. Membuat target akan
menumbuhkan semangat menulis.

- Memaksakan diri menulis setiap hari. Bagi penulis pemula ini adalah
hal yang sangat berat. Mungkin ada yang bertanya, "Untuk apa menulis
kalau terpaksa? Padahal menulis hanya saya jadikan hobi."
Mendisiplinkan diri menulis setiap hari justru merupakan solusi tepat
untuk penulis yang selalu tergantung mood. Sebaiknya menulislah
setiap hari meskipun hanya satu atau dua paragraf. Tidak masalah
apakah yang ditulis dimulai dari bagian tengah atau akhir. Yang
penting setiap hari harus menulis meskipun sedang tidak mood
sekalipun.

Demikian, selamat berkarya

Wassalaamu'alaikum Wr Wb
Forum Lingkar Pena
DKI Jakarta

http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/igXolB/TM

3- HP Ketua PPI (Jusman): 09810646659 ; Sekjen PPI(Mukhlis): 09897407326
4- KBRI Delhi(11)26110693;26118642; 26118647
5- KJRI Mumbai (022)3868678;3800940;3891255
Yahoo! Groups Links