wah itu mah bukan isu baru kak... sdh luama buanget tp gak jd2 tuh,
klpun jd sy termasuk orang yg akan menentang.

kehidupan Pandega saya di Racana Trisakti & saya jg aktif di DKD DKI,
bahkan sy pernah membuat forum komunikasi pramuka perti di jakarta, yg
tujuannya membantu membantu Dewan Kerja, sayang forum ini tdk
berlangsung lama.

dalam bbrp kasus sy setuju dgn kakak, tp tdk semua perti mengabaikan
kwartir. kl sy perhatikan yg terjadi terkadang krn arogansi sj,
arogansi perti atau arogansi DK.

kalo ditanya knp harus sesama perti? so menurut pemikiran saya sah2
sj...krn dlm sifatnya manusia senang dekat dgn orang yg sehobi,
sepengetahuan, sepemikiran, sepekerjaan, dll..makanya orang baik
kumpul dgn orang baik, orang jahat kumpul dgn orang jahat.

yg buat kegiatan spt ini tdk hanya perti kak, gudep pesantren sj
pernah membuat perkemahan gudep pesantren yg mengundang pesantren2
lain secara nasional/regional kl tdk salah, adalagi perkembahan
pramuka gudep pertamina se indonesia, lalu sekarang juga ada PPLB, dan
minggu depan akan ada pertiwana, DK pun juga punya kegiatan sendiri
Sidparnas...so apa bedanya dgn kegiatan khusus gudep perti? saya pikir
& saya rasa sama saja. gak mungkinkan sidparnas yg notabenenya
pertemuan DK pramuka yg non DK ikut2 dlm forum, knp pertiwana hanya
saka wanabakti sj yg boleh ikut, bgmn dengan saka2 lain atau pramuka
yg tdk tergabung di saka, apakah meraka boleh ikut?

kl spt ini siapa yg menyekat? dan siapa yg disekat? semua tergantung
kita melihat dr kacamata yg mana...

thanks

Hendry Risjawan

--