Assalamu'alaikum wr.wb.

Mamak jo sanak kasadonyo di RN...,

apokah nan dimukasuik kontrak politik nan dilakukan
PKS..?, antaro sia kontrak itu dilakukan...?

nampaknyo ide kontrak politik itu ide nan rancak, tapi
kalau cuma dilakukan oleh PKS atau beberapa partai
kecil yang suaranya tidak significant di parlemen...,
tidak akan membawa pengaruh dan dampak yang berarti.

sebaiknya kontrak itu dilakukan oleh semua partai
peserta pemilu..., kalau perlu dibuat klausul2 yang
jelas seperti misalnya kalau berjanji akan memberantas
KKN, apa yang akan dilakukan dan berapa lama proses
itu akan dijalankan..., kalau tidak dapat memenuhi
janjinya apa penalti yang akan diberikan..., bisa saja
mundur dari jabatan atau tidak bersedia menerima gaji
dlsbnya.

Yang lebih penting lagi....adalah kita jangan cuma
menuntut diberantas KKN, tapi kita sendiri justru
malah ikut menyuburkan adanya KKN..., saya ambil
contoh...kalau kita mau bikin SIM atau KTP..., selain
oknum2 yang menawarkan jalan pintas, tidak jarang dari
kita2 sendiri yang mencari oknum2 tersebut....,
sehingga demand dan supply sepertinya seiya sekata.

Kita harus juga mendisplinkan diri kita..., keluarga
kita agar tujuan memberantas KKN ini bisa berjalan
efektif.

Negara2 asia lain seperti malaysia dan cina yang
kelihatannya berhasil memberantas kkn memulainya
dengan apa yang dinamakan revolusi mental.
Masyarakat diajak untuk merubah sikap2 mental yang
tidak baik, budaya malu diterapkan, seperti kalau mau
naik taxi harus ngantri ditempatnya, tidak bisa
nyelonong nyegat taksi dimana saja apalagi didaerah
terlarang.
Kalau kita lihat di singapore, semua orang antri taxi
ditempatnya, kalau kadang2 kita lihat ada orang yang
nyegat dijalanan (biasanya diacuhkan..supir taxi) maka
akan kita lihat orang itu adalah bangsa melayu
(mungkin dari indonesia juga) yang pasti bukan orang
cina.

Di cina sekarang ini, kalau kita memberi tip pada
pelayan restoran, mereka akan menolaknya, padahal
pelayan restoran tersebut pantas menerima tip, karena
selain melayani makanan yang kita minta, tidak jarang
mereka juga memberi kita servis yaitu dipijitin bahu
kita setelah selesai makan.
Tapi mereka tetap menolak dan merasa malu kalau kita
paksa menerima tip..

Ini adalah hal2 kecil yang entah kapan bisa kita temui
dinegeri ini.

Jadi revolusi mental ini harus mulai digalakkan mulai
dari kita sendiri, keluarga dan tetangga kita.

Wassalam
Adriman

di delete......

> [...]
> masyarakat Minang di Sumbar
> untuk sepakat mahantikan KKN di Sumbar yang sangat
> manyangsarokan rakyat
> banyak dan manjadi sumber karusakan moral disagalo
> bidang kahidupan sarato
> ma ambek pembangunan dan kamajuan.
> Sabab propinsi awak tu tamasuak propinsi nan paling
> miskin sumberdaya
> alamnyo ,jadi  kalau KKN indak dihantikan apo indak
> samakin miskin dan
> ketinggalan dari propinsi lain. Jawek pak Azwar pado
> waktu itu , baa caronyo
> tu?  Nampaknyo awak harus samo-samo mancari

di delete.....