Dari Serambi Aceh kita baca:

Raja Salman di Jepang, 1.200 Kamar Hotel dan 400 Mobil Mewah Disewa
Senin, 13 Maret 2017 09:32
[image: Raja Salman di Jepang, 1.200 Kamar Hotel dan 400 Mobil Mewah Disewa]
Raja Salman
*SERAMBINEWS.COM -* Sebagaimana kunjungannya di Indonesia, Raja Arab Saudi
<http://aceh.tribunnews.com/tag/arab-saudi> Salman bin Abdulaziz al-Saud
juga membawa rombongan berjumlah jumbo dalam kunjungan kerjanya di Jepang
<http://aceh.tribunnews.com/tag/jepang>.

Rombongan Raja Salman <http://aceh.tribunnews.com/tag/raja-salman> yang
tiba di Tokyo pada Minggu (12/3/2017) ini berjumlah besar bahkan para
pejabat Jepang <http://aceh.tribunnews.com/tag/jepang> yang bertugas
menerima tamu negara tak memiliki angka yang tepat terkait jumlah rombongan
ini.

Secara umum, rombongan Kerajaan Arab Saudi
<http://aceh.tribunnews.com/tag/arab-saudi> itu terdiri atas lebih dari
1.000 orang, 10 pangeran, 10 menteri kabinet, anggota keluarga kerajaan,
dan para pebisnis.

Raja Salman yang akan berada di Jepang
<http://aceh.tribunnews.com/tag/jepang> hingga 15 Maret mendatang menjadi
pemimpin Arab Saudi <http://aceh.tribunnews.com/tag/arab-saudi> pertama
yang berkunjung ke Jepang <http://aceh.tribunnews.com/tag/jepang> setelah
Raja Faisal pada Mei 1971.

Kembali soal besarnya jumlah rombongan Raja Salman
<http://aceh.tribunnews.com/tag/raja-salman> yang berarti sebanyak 1.200
kamar di berbagai hotel mewah di Tokyo sudah dipesan dan 400 unit mobil
limosin akan digunakan.

"Biaya pemeliharaan mobil mewah sangat mahal dan jumlah permintaan untuk
kendaraan semacam itu sangat kecil," kata seorang sumber di industri
limusin.

"Karena jumlah mobil mewah di Tokyo tak mencukupi maka kami mendatangkan
dari prefektur Kanagawa dan Saitama serta kawasan Tokai," tambah sumber itu.

Jumlah rombongan yang super besar itu tak hanya mencengangkan warga biasa.
PM Shinzo Abe juga tak menutupi keterkejutannya.

"Jika rombongan ini pergi ke sebuah pusat belanja, maka hal itu akan
menjadi kabar baik bagi pengelola toko," ujar Abe di depan anggota partai
berkuasa.

Menurut sumber pemerintah, kunjungan tokoh-tokoh penting Arab Saudi
<http://aceh.tribunnews.com/tag/arab-saudi> biasanya memang diikuti
rombongan dalam jumlah besar.

Pada September 2016, wakil putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (31),
berkunjung ke Jepang <http://aceh.tribunnews.com/tag/jepang> dengan 500
orang lainnya dengan menggunakan 13 pesawat terbang.

Selain itu, 200 mobil disiapkan untuk keperluan transportasi rombongan
Pangeran Mohammed bin Salman selama berada di Jepang
<http://aceh.tribunnews.com/tag/jepang>.

Sebelum tiba di Jepang <http://aceh.tribunnews.com/tag/jepang>, rombongan Raja
Salman <http://aceh.tribunnews.com/tag/raja-salman> membawa 1.500 orang,
460 ton barang, termasuk dua mobil limosin mewah.

Selain itu, 720 buah limosin disewa dengan total biaya mencapa 3 juta dolar
AS atau sekitar Rp 40 miliar.