Saya koq merasakan banyak reaksi lain dari penampilan Pak Gamawan di
Deklarasi SBY itu. SMS-SMS yang masuk ke HP saya malah prihatin dengan cara
memberi dukungan seperti itu. Mereka melihat ini ini sebagai tanda kuatnya
dorongan untuk mengejar kekuasaan sehingga mengabaikan azas kepatutan, etika
pemerintahan dan etika politik.
Pertanyaan-pertanyaan yang muncul: 1. Pak Gamawan kan dulu naik ke jabatan
Gubernur melalui partai PBB dan PDIP, bagiamana ceritanya tiba-tiba saja
terjun ke dalam acara Deklarasi yang jelas-jelas acara Partai Demokrat itu?
2. Acara kemarin bukan kampanye dan juga bukan acara kenegaraan. Kalau acara
kampanye, Pak Gamawan harus cuti untuk terlibat dalam acara tersebut. Acara
itu jelas bukan acara kenegaraan, sehingga Pak Gamawan juga tidak bisa
bertindak sebagai seorang pajabat pemerintahan.

Jadi, perlu juga didudukkan apa yang dimaksud dengan apresiasi positif di
sini? Positif dari kaca mata siapa?

Kalau saya melihatnya dari kacamata saya sebagai seorang pemerhati politik,
ini semua semata-mata permainan mencari kekuasaan. Dari sisi SBY dan Timnya,
memanfaatkan figur Gamawan sangat penting. Paling tidak ada dua alasan
politik. Pertama, dengan memilih pasangan Boediono, SBY perlu beberapa figur
untuk menjadi simbol luar Jawa di setiap panggung pertunjukan. Kedua,
bagaimana memblok dari awal pengaruh JK di Sumbar sebagai salah satu saingan
SBY-Boediono. JK adalah Urang Sumando urang Minang dan selama ini JK juga
sudah memiliki sejumlah tangan kanan orang Minang untuk membuka akses
politiknya ke Sumbar.
Begitulah info dan ditambah tinjauan singkat sari saya.
Salam,

Andrinof A. Chaniago (46+7bl)
2009/5/15 Muzirman -- <muzir...@gmail.com>

> Jumat, 15 May 2009
> Apresiasi Positif Gamawan ke Kubu SBY
>
> *Padang, Singgalang*
> Sejumlah politisi di daerah ini, menyatakan apresiasi yang bagus terhadap
> Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi yan diundang khusus oleh Presiden SBY terkait
> dengan pendeklarasian capres-cawapres dalam Pilpres 2009 ini. Gamawan kuat
> dugaan diajak masuk dalam kapal SBY.
> “Ya, kita berikan apresiasi. Pantas kita dukung Pak Gamawan. Kalau SBY
> menang lagi dalam pilpres mendatang, saya yakin, Gamawan akan dipercaya
> [...]

lain harap mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta r...@ntaunet

  • ... Muzirman --
    • ... Andrinof A Chaniago
      • ... benni_inayatullah
      • ... Riri Chaidir
        • ... Datuak Arifz
      • ... dina
        • ... hoesin hanif
        • ... bandarost
          • ... auliah azza
          • ... hoesin hanif
          • ... asfarinal, asfarinal, asfarinal, asfarinal nanang, nanang, nanang, nanang

Kirim email ke