Boleh tambahin dikit gak Bang Iwan

Selain itu ada lagi sebenarnya untuk yang Tari Kolot, WAJIB tangannya
di urut selama 7X (satu minggu sekali, jadinya 7 minggu berturut-turut)

Lewat satu kali urutan-ulang lagi dari awal. :)

Urutannya indah beneer deh dijamin merem melek :)

--- In silatindonesia@yahoogroups.com, Ian Samsudin <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Mbak Lia,
> saya sendiri belum tahu persis soal talek dan peureuh ini, soalnya
belum pernah ikutan Cimande ..tapi dari penjelasan para sepuh dan juga
browsing di internet sbb:

:http://www.kpsnusantara.com/reflect/malay/Profil%20Pencak%20Silat%20Cimande.htm
 )

> Calon murid dan kode etik
> (kutipan singkat dari Gema Pencak Silat Vol. 3, no. 1:20-22)
>
> Setiap calon murid Cimande yang akan mengikuti latihan terlebih
dahulu harus menyatakan kesediaannya mematuhi tatacara atau etika
perguruan yang amat dihormati;
> [...]
> 3. Jangan melawan kepada guru dan ratu(pemerintah)
> 4. Jangan berjudi dan mencuri
> 5. Jangan ria, takabur dan sombong
> 6. Jangan berbuat zinah
> 7. Jangan bohong dan licik
> 8. Jangan mabok-mabokan dan menghisap madat
> 9. Jangan jahil dan menganiaya sesama mahluk Tuhan
> 10. Jangan memetik tampa ijin, mengambil tampa minta,
> 11. Jangan suka iri hati dan dengki
> 12. Jangan suka tidak membayar hutang
> 13. Harus sopan santun, rendah hati dan saling harga menghargai
diantara sesama manusia.
> 14. Berguru Cimande bukan untuk gagah-gahan , kesombongan dan
ugal-ugalan tetapi untuk mencapai keselamatan dunia dan akhirat.

> Patalekan Cimande dijelaskan sedemikian rupa dan diulang-ulang
kepada calon murid hingga murid benar-benar memahaminya dan
mematuhinya dengan dipegang tangannya oleh guru sebagai tanda
kesanggupan .

> Berikutnya guru membacakan do'a tawasul dan meneteskan air bercampur
daun sirih ke mata sang murid (di PEUREUH) tradisi ini disebut upacara
keceran untuk menajamkan pandangan mata.

> Pada dasarnya Cimande ini berfungsi sebagai media siar agama Islam
oleh karena itu ketaatan kepada Allah dan Rasulnya dengan menjalankan
segala perintahnya dan menjahui larangannya merupakan syariat yang
harus ditaati warga Cimande. Cimande merupakan pengisi dan pengekang
nafsu hewani dan sifat-sifat lain yang dapat merugikan semua pihak.
Hal ini Cimande bukan bertujuan untuk menguasai dan berkuasa atas diri
manusia lainnya. Pada hakekatnya Talek Cimande adalah roh dari
pencaknya, tanpa Talek Cimande, pencak Cimande ibarat mayat yang
menebarkan bau busuk yang menyesakkan.

> ======
> Ini tambahan sedikit dariku:
>
> Kendati sebagai media siar Islam, menurut keterangan Pak Ace
sendiri, pelatihan Cimande ini terbuka juga untuk semua agama selain
Islam (non-muslim) dengan tentu saja penyesuain pada 'taat dan taqwa
kepada Allah sesuai agamanya masing-masing'...

> demikian semoga agak jelas,
> BTW, mbak lia berminat mau ikutan?
>
> I.S

Jakarta (was:Latihan Cimande)