From: komarudin ibnu mikam <komaribnumi...@gmail.com>
Subject: Re: [sma1bks] Survey Budaya: APA simbol Bekasi?
To: sma1bks@yahoogroups.com
Date: Monday, 3 August, 2009, 10:05 AM

Mantaf TOb!
Bicara tentang kecapi rumit tob. Kalo dimakan, kulit buahnya kagak nyoplok.
Terus bijinya gak bisa dimakan. Kalo di telen, pas entar BAB pasti dia masih
bertahan dengan aman. Masih asli. Makanya kalau dulu puun capi itu gak mesti
ditanem. Cukup saja maknanya ditelen. Pas ntar BAB sama seperti menebar benih.
Kan kalo dulu gak ada wc kayak sekarang.
Kecapi juga punya sodara yang kagak enak dimakan. Sentul namanya. gak ngerti
daerah sekarang yang namanya Sentul punya hubungan ke sono gak.

Sola duren beda lagi.
Ini makanan elit orang asli Bekasi. Buahnya duren. Makannya pake bandeng
babelan. Gabus pucung. Buah ini subur di wilayah tengah mulain dari kota ampe
selatan. Sayangnya, Pemdanya menjadikan tempat ini sebagai wilayah pemukiman
dan industri. Akhirnya raib ditelan keserakahan zaman. Nongolah duren montong.
Duren semar dan lain-lain.

Padahal menurut KH. Dahlan, Soekarno dulu kalau mau makan duren dia pergi ke
Pekayon. Sekarang mah udah gak ada..

KOta Bekasi Hills. Tapi gak ada Hills-nya TOb.

Tapi, ide gedung opera mantep juuga tuh......

thanks idenya. Sekarang mungkin masih sekadar ide. tapi, liat nanti....... .

2009/8/3 Toby Fittivaldy <toby.fittivaldy@ yahoo.com>

simbol mmmhhh... tergantung arahnya bang... mau ke argoindustri. .. ato
kemana????
sebenernya waktu dulu ane sampe di bekasi, ane pikir buah kecapi yang khas di
daerah ini... tapi ternyata ga ada juragannya.. . maksudnya buah kecapi tidak
diarahkan menjadi tanaman pekebunan massal... yang akan produksi pada saat
musimnya lalu di ekspor ke luar kota bekasi... juga duren... dulu ane sering
mungut-in kembang duren pas sampe dibekasi ... dan buah durennya mantaaap
bener....kalo pas main ngedenger duren jatuh... sayang seribu sayang...
sekarang poonnya dah langka... susah di temuin... kena gusuran perumahan...
demikian juwet... ane kirain juga sama diperkebunkan secara massal tapi
nyatanya tidak... hanya pohon biasa yang ditanam tanpa tujuan di samping
rumah... tapi tidak semua rumah memiliki pohon juwet... padahal khas...menurut
ane... mungkin semangka/timun suri bisa jadi simbol bekasi...hehehe. ..
sebagaimana subang dengan simbol buah nanas-nya ... cuma tetap perlu
konsistensi pengembangan daerahnya kearah mana???
tapi kalo emang tetap mau jadi kota satelit terhadap jakarta dan cenderung
kearah industri dan perumahan... jadiin aja kaya beverly hills di amerika
sana... tinggal masang tulisan doank....  Bekasi Hills... di perbatasan.. .
jakarta + bogor + karawang ... Bikin dah Gedung Opera yang tiap weekend
nampilin kesenian khas bekasi..... pokoknye bikin pesta semuringah.. ..
hihihi...

cuma ide tidak lebih....

Toby Fittivaldy
Fis2  '94