Sebelumnya saya ingin bertanya sama para PENGGUNA LINUX dimana aja,
Khususnya anggota KPLI,
apa sih yang anda harapkan dari LINUX ..???. Gratisnya ? ilmunya ? gengsinya
? karena hanya sebagian kecil praktisi IT Indonesia yang tau. kemudahannya
?? linux cukup sulit lho bagi orang awam. atau... karena kebetulan linux
solusi dalam masalah pekerjaan anda ?. atau mungkin....anda hanya
ikut-ikutan orang yang latah gak suka ama Microsoft yang menguasai pangsa
pasar software di dunia ?. tanpa tau dengan jelas kenapa kita mesti gak
suka. toh, sebagi suatu company mereka sukses dengan kebesaran
multinasionalnya. ini hal yang paling tidak jelas jika saya membaca
komentar2 yang lain.
kalo mau membentuk wadah,
1. tentukan dulu apa yang menjadi tujuannya.
kalo cuma ingin mempopulerkan linux, bikin aja selebaran trus sebarin ke
seluruh indonesia dari aceh sampai irja biar para GAM juga tau kalo ada
linux di aceh. ato jika cuma ingin sharing pengetahuan, milis ini cukup
memadahi kok, tanpa harus berorganisasi  sgala. Microsoft bisa sebesar ini
tidak hanya dibesarkan dalam satu malam, mereka melakukan riset pasar dan
jelas tujuannya. dan ingat di sini, mulai beberapa thn yang lampau bayi
mulai lahir udah dikenalin ama windows. apa para Linux mania punya rencana
seperti itu ?
Jadi, saran saya ajak orang2 yang senang ngumpul di sini dan tanyai apa
keinginan mereka terhadap Linux ?. apa pengin bikin perusahaan besar under
linux ? why not ? konsep virtual programmer kan udah bisa.
2. kalo tujuannya udah ketemu, kita cari nih fasilitas apa saja yang di
butuhkan. apakah dari saweran/kerjabakti bisa ato mungkin harus minta tolong
linus trovalds ?. yang jelas fasilitas ini adalah syarat mutlak mewujudkan
tujuan yang ingin di capai.
3. Cari dana untuk operasional dan maintenance fasilitas yang ada. (bikin
partai linux mungkin)
4. sosialisasikan rencana-rencana/program kerja yang ingin dicapai. nah,
yang ini butuh pengurus. cari dulu pengurusnya.
    karena kita ketemuanya di dunia maya, maka wadah ini HARUS bisa juga
dijalankan lewat dunia maya. (base project)
5. kalo KPLI bisa bikin program kerja yang Otree, pasti gak bakalen deh iri
ama MUGI.
    ide program kerjanya tanyain aja lagsung kepada anggota milis ini.
program ini harus bisa menawarkan KEUNTUNGAN bagi anggotanya, apakah itu
ilmu, teman, kesenangan,uang, dsb..terserah. karena orang hanya bisa ikut
dlm suatu kelompok karena adanya kenuntungan yang didapat.

kalo semua diatas udah jelas gak bakalan ada keluhan macam dari Bung Frans.

AYO REK !