Trims Mas Andika.

Saya jadi tertarik untuk yang MX backup. Apakah sama yang di terapkan di
Yahoo mail? Misalnya salah satu mail servernya down
langsuk di take over oleh server mail yang lain.

Bagai mana konfigurasinya?
Saya menggunakan qmail+vmailmgrd.

Thx.

                    Andika

                    Triwidada            To:     tanya-jawab@linux.or.id

                    <[EMAIL PROTECTED]       cc:

                    com>                 Subject:     Re: [tanya-jawab]
Disaster recovery Linux

                    02/03/2005

                    06:05 PM

                    Please respond

                    to tanya-jawab

On Thu, 3 Feb 2005 15:18:03 +0700, [EMAIL PROTECTED]
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Dear Pakar Linux.
>
> Saya mau nanya, bagaimana kita membuat disaster recovery di linux.

Wah, istilah disaster recovery cakupannya luas lho.
Kalau "sekedar" system recovery, masih bisa kita diskusikan
dengan leluasa di milis ini.

> Hampir semua server yang kita punya linux base dan sudah running
> well. Nah saya mau ancang2x
> aja kalau suatu saat server ini down terutama yang critical Mail server
> qmail.

Kalau istilah "critical" berarti harus menyala 24 x 7,
berarti harus ada mesin MX backup. Paling tidak ini menjamin
semua mail incoming masih tetap bisa diterima, walaupun server utama
mati atau bermasalah.

> Bagaimana mengembalikan semua data mail jika suatu saat server down? Apa
> saja yang perlu di back-up atau
> backup anything seperti windows 2003 server sehingga meminimalkan
> waku down time server.
>
> Txh.

"apa saja yang perlu dibackup" sebenarnya harus mengacu kepada
policy dari organisasi. Tapi bila asumsinya adalah bahwa semua
data mail yang masih tersimpan di server harus diselamatkan,
berarti anda harus tahu konfigurasi server: mail bagi setiap user
disimpan dimana? antrian mail keluar (yang belum sempat terkirim)
disimpan dimana? konfigurasi mail server (virtual host, user, password,
etc) disimpan dimana?

Lalu berikutnya: backup everything atau sebagian saja?
Ini kembali lagi kepada policy organisasi: strategi backup
seperti apa? Apakah full backup bulanan lalu diseling
dengan incremental backup mingguan, harian? Apakah ukuran
data yang akan di-backup cukup kecil sehingga backup
cukup dimuat dalam satu media, tanpa perlu robot?
Apakah backup boleh dilakukan dalam keadaan online?
Dan banyak lagi pertanyaan yang harus dijawab ...

Kalau policy belum ada, maka admin bekerja tanpa pedoman.
Bahaya. Bisa nubruk-nubruk nanti :D

-- andika