To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Tuesday, October 02, 2007 2:08 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] distro yang dioptimasi untuk i686 keatas (ARCHLINUX)...

On 10/2/07, Yahya Kurniawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Wah, saya 100% tidak setuju.
Coba aja pemula dikasih Slackware yang belum ditweak sama sekali, pasti
langsung balik kanan 180 derajat dan kembali ke Windows bajakan :)
Beda kalo dikasih PCLinuxOS, Ubuntu, ato Mandriva, yang penuh warna dan
multimedianya jalan. Lebih mudah untuk mengajak mereka tertarik kepada
Linux.

Regards,

Ir. Yahya Kurniawan
=====================
Penulis Buku Komputer
y4hy4.blogspot.com
=====================

Setuju

Saya sekarang pakai gentoo untuk server, rasanya cukup nyaman,
walaupun barangkali belum optimal konfigurasinya, karena masih
terbatasnya pemahaman saya.

Pertama kali saya belajar linux dari buku, langsung saya tinggalkan.
Sebabnya, karena menurut petunjuk buku-buku linux waktu itu, sebelum
install kita harus menginventarisasi periferal yang ada, kemudian
harus memasang drivernya dengan benar.
Saat ini tahap itu saya lakukan dengan gentoo, tetapi setelah saya
cukup familiar dengan linux.

Saya tertarik menggunakan linux ketika menginstall RH9 untuk server,
klik sana klik sini, jadilah transparent proxy server.  Saya rasa RH9,
meskipun udah lawas bisa dipake untuk memperkenalkan linux kepada
pemula.  Saya belum pernah coba FC jadi tidak bisa berikan komentar.

Untuk desktop, memakai ubuntu memang hampir seperti memakai windows.
Tadinya saya kuatir sekai dengan penggunaan LCD projector.  Ternyata
memakai LCD projector di ubuntu sudah sama cara dan hasilnya dengan di
windows. So... siapa takut pakai ubuntu.  Tetapi, saya masih kesulitan
mengelola server ubuntu ketimbang server gentoo.

Saya menemukan beberapa teman yang sudah cukup terampil menginstall
windows ternyata masih kesulitan menginsatall ubuntu.

Salam

Ery