wakakaka, lah admin jardiknas memang nyuruh pake cisco apa pak ery ?
kali si admin baru belajar di CNAP atau baru lulus CCNA dia ;d
just kidding

teringet temen nih di lampung yg di suruh  harus pake
alat viconf yg ada remote nya ;d (saking gak tahu namanya _>
itu namanya alat viconf harware base )
parah jura  mengharus kan sesuatu  yang gak ada dan pengganti nya ada
dengan kualitas sama atau lebih tapi beda jenis.
jadi sebenarnya ada bebeberapa hal
1 kemampuan dan pengetahuan
2 modal

saya sendiri lebih suka linux atau bsd ketimbang mikrotik untuk ruting,
tapi saya tidak mati matian harus pake linux, dalam kondisi tertentu saya
pake mikrotik dalam kondisi lain saya pake linux, kondisi lain lagi saya
pake bsd kondisi lailn lagi saya pake cisco.

dan kalo saya nih dengan kemampuan terbatas,
kalo untuk OS dari yg terendah sampe enak
1. windoews karena saya gak mahir jadiin windows sebagai server
   saya relatif gak bisa kalo main mouse untuk config server
2. linux ini general lah,
3. bsd walau baru belajar, tapi ini asik sekali, apa apa udah mateng dia
4. solaris kalo kata saya sih ini bagus untuk server aplikasi lebi
kenceng, cuma karena kemapuan terbatas ya kadang2 di pake kadanga2 gak

untuk ruter juga mungkin biar terkesan mewah pake cisco, kalo gak ada duit
mungkin lari nya ke linux, karena mau cepet kelar lari lah ke mikrotik :D
biar cepet gajian gitu.

tapi semua itu kalo kata orang orang, ada harga ada barang
mungkin kata ini masih di pake kali ya. cuma emang kalo pake mikrotik itu
cepet kelar kerjaan. bayangin aja install nya ada cepet
config nya cepet

--
Salam,
Deskapahendri