2011/11/24 MYA Putra <yaspu...@yahoo.co.id>:
> Rekan milis,
>
> Saya mau backup seluruh isi salah satu partisi di Hard Disk ke
> hard disk kosong, namun yang diinginkan adalah jangan ada file
> yang duplikasi di dest. Optionnya apa ?

rsync sendiri tidak akan membuat berkas sehingga terjadi duplikasi.
Kalau berkas yg sama sudah ada di tempat tujuan, andai berkas di
tempat tujuan ini umurnya lebih tua, maka rsync akan menimpanya.

> Baca-baca manual rsync ada option :
>
> --delete                delete extraneous files from dest dirs
>
> Cari di kamus arti "extraneous" tidak ketemu juga sudah google
> di kamus online tidak jelas artinya, mungkin karena kurang pandai.

fungsi --delete itu digunakan untuk menghapus berkas yg ada di tempat
tujuan yg tidak ada di tempat asal.

Jika ASAL mengandung berkas A, B, dan C; dan TUJUAN mengandung berkas
B, C, D, jika opsi --delete dipakai, maka setelah rsync selesai
bekerja, pada TUJUAN akan tersisa berkas A, B, dan C.

Berkas D dihapus dari TUJUAN karena berkas D tidak ada di ASAL.

> Apakah ini maksudnya menghapus file duplikasi? CMIIW.

ngomong2, yang anda maksud dengan duplikasi itu apa?

--
Fajran Iman Rusadi-
http://fajran.web.id http://dahsy.at