Membayangkan Serdadu Israel
Hampir tak ada negara yang rela ketinggalan mengikuti olimpiade. Acara empat
tahunan itu merupakan salah satu cara promosi negara masing-masing. Dan tentu
saja, peristiwa ini juga sangat bergengsi karena acara ini diliput oleh media
massa semua negara peserta.

Wajarlah kalau setiap negara berusaha mengirimkan atlet terbaiknya, dengan
harapan mereka bisa mendapat medali emas. Begitulah sambutan Presiden Gus Dur
saat melepas tim Indonesia ke Olimpiade Sydney kala itu.

Gus Dur lalu bercerita tentang peristiwa yang pernah terjadi di Suriah. Pada
waktu Olimpiade beberapa tahun lalu, tuturnya, kebertulan pelari asal Suriah
memeperoleh medali emas. Sang pelari mampu memecahkan rekor tercepat dari
pemenang sebelumnya. Bahkan selisih waktunya pun terpaut jauh.

Maka, ia langsung dikerubuti para wartawan karena punya nilai berita yang
sangat tinggi. "Apa sih rahasia kemenangan Anda? tanya wartawan.

"Mudah saja" jawab si pelari Suriah, enteng. "Tiap kali bersiap-siap akan
mulai, saya membayangkan ada serdadu Israel di belakang saya yang akan menembak
saya."

Kirim email ke