----- Original Message -----
From: "satriyo" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, January 18, 2006 9:07 AM
Subject: Re: [wanita-muslimah] Menggugat Sang Cendekiawan

> Hehehe ... nuwun sewu. Salah saya ...!
>
> Yang saya maksud ya 'qath-i' al wurud, yaitu dalil dari kalamullah ... apa
> masih bisa berbeda jika dari kalamullah? tentu akan ada yang bilang:
> "kalamullah-nya tidak mungkin beragam maksudnya, tapi penafsirannya yang
> bisa beragam!"
>
> wah kalo kayak gini mah memang spt ngejar ekor sendiri... islam itu tidak
> sulit kok ya. tapi ada saja yang mau dan gemar menyulit-nyulitkan, bahkan
> dengan dalih 'ilmiah' segala ...

keberagaman penafsiran itu keniscayaan, sunatullah... suatu fakta...bahkan
mungkin realita....
silahkan baca sejarah ttg keberadaan kitab tafsir berjilid2, bepuluh-puluh
mahzab fikih sejak dari jaman sahabat.
bahkan silahkan lihat sekeliling anda mas satriyo, lihat ibu Anda, lihat
keluarga Anda, teman2, tetangga, dll.
Menolak adanya keniscayaan keberagaman itu hanya menipu diri sendiri

Islam memang gampang kok...
IMHO, Islam itu sistem nilai yang merupakan fitrah manusia.
OS yang diinstall Allah untuk manusia.
Bahkan tanpa bicara dalil-pun Islam dapat tergali dari fitrah manusia itu
sendiri.
(wuehehehehe kayak bicara Pancasila waktu SD he he he he...)

Tinggal lihat diri, hati nurani, dan alam begitu ada kontradiksi satu dengan
yang lain itu jelas bukan islam.

> sepatutnya dengan 'iman' maka semua bisa mudah ... tapi ketika 'akal-budi'
> bicara dan mengedepan, jadi lain masalahnya ...

"iman" dan "akal-budi" itu sejalan,
oleh karena itu segalanya sebetulnya jadi mudah.

Jika ada kaum yang "iman" dan "akal-budi" tidak sejalan,
kaum itu lah yang disebutkan oleh Al-Quran sebagai kaum yang hanya
menurutkan perkataan para leluhurnya saja.
Sehingga Al-Quran bilang, "Mengapa kamu tidak menggunakan akal mu!!"

Dan di sinilah masalahnya memang jadi lain...

Salam
Ary