Eyang HMNA ysh.,

Cukup saya sebutkan, bahwa saya tidak berbohong...
Anda boleh sebut apa saja semau Anda...memang trademark Anda kan spt itu
bukan?
lha wong ini kan berkaitan dengan keluarga Anda sendiri toh?
Memang nggak enak bukan?

Sekarang Anda rasakan bagaimana rasa veteran TNI.
Banyak yang kehilangan anggota keluarga saat itu.
Lalu Anda dengan mudahnya bilang mereka antek komunis.
Komunis yang pemberontakannya tahun 1948 juga mereka tumpas????

Itu lah sebabnya,
Anda harus belajar untuk berhati-hati pula bicara ttg keluarga orang lain.
Termasuk semua anggota KUI itu semua harus belajar lebih bijak ...

Anggota veteran yang saya sempat ngobrol-ngobrol itu tentu tidak tinggal di
Sulsel dong...
Beliau anggota Kujang 330/Siliwangi...
Kalau Anda bisa bilang mereka antek komunis, apakah termasuk Jendral M.
Yusuf itu....
Tentu tidak...karena beliau termasuk KELUARGA ANDA...YANG HARUS ANDA BELA...
Penghormatan thd keluarga Kahar dan anak-anaknya seharusnya memang tidak
perlu berkurang.
Apa salah keluarga dan anak-anak beliau itu?

Keluarga Anda yang lain, Dr. Anhar Gonggong (yang menulis ttg sejarah DI/TII
Kahar Mudzakkar) saja mengakui penulisan sejarah itu tidak bisa lepas dari
bias. Sadar akan bias itu akan membuat kita lebih rendah hati untuk
seenaknya saja membuat penghakiman sepihak.

Kahar Mudzakkar itu bukan malaikat, juga bukan nabi,
beliau itu manusia biasa yang memang tempatnya berbuat kesalahan.
Dan itu bukan berarti kehinaan jika memang yakin benar.
Manusia yang hina itu jika sudah tahu salah, tapi masih melakukannya.

Salam
Ary