Ah mbak Chae... ke jilbab lagi... ke jilbab lagi... 8-D

Umar memang pernah mengusulkan kepada nabi agar istri-istri nabi kalau
keluar hendak buang hajat mengenakan kerudung atau cadar atau sesuatu agar
mereka tidak dikenali. Ini terkait masalah "kepatutan, kesopanan dan rasa
malu" saya rasa. Suatu saat seorang istri nabi sedang buang hajat, lalu
Umar lewat dekat situ dan berkata: "Saya mengenalimu ya ummul mukminin".
Tentunya malu sekali kalau seseorang dikenali pada saat seperti itu.

Saya tidak tahu apakah hadits ini shahih atau tidak. Dan saya tidak tahu
apakah peristiwa ini menjadi sebab turunnya ayat jilbab. Tetapi, jika kita
membaca secara hati-hati ayat jilbab itu, maksud menutupkan kerudungnya
sampai ke dada, menyembunyikan perhiasannya kecuali kepada muhrimnya,
tidak memukulkan (menghentakkan) kakinya ke tanah agar tampak perhiasan
yang disembunyikan, sama sekali tidak terkait dengan aktifitas di WC bagi
kaum wanita. Jadi menurut saya, peristiwa Umar itu tidak ada hubungannya
dengan turunnya ayat jilbab itu. Gak nyambung Jack! 8-)

WalLaahu a'lam.

"Chae" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
06/30/2006 11:54 AM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Re: Diskusi Pemaknaan Baru terhadap Konsep Kitab Suci

Saya juga sepemikiran saya Pak Aei, emang dulu udah ada WC?? tapi
mungkin yang dimaksud WC bukan WC yang ada dalam persepsi kita
sekarang mungkin WC pada persepsi dulu justru actionya ketika buang
hajat sedangka tempatnya bisa disebarang tempat yang "memenuhi" syarat...

Nah loh jangan2 soal jilbab juga bisa-bisa persepsi yang berbeda
karena jaman dulu jilbab bisa saja merupakan pakaian buat ke WC:)
cuman sebatas itu doang....

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Ary Setijadi Prihatmanto"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
> Ato mungkin di rumah Nabi nggak ada MCK-nya ya....
>
> Btw,
> Bang Wida,
> setelah Nabi membuka itu cincin itu, lalu cincinnya ditaruh dimana?
> Apa di-saku-in (yang berarti ikut masuk ke WC) ?
> Ato di taruh di luar WC?
> mungkin nggak Nabi membuka cincin itu niatnya supaya nggak kotor...
> lha kan mau buang hajat...tau sendiri lah jaman segitu...kebayang
ribetnya..
> Lha wong air untuk bersuci saja kadang2 nggak ada dan harus pake toilet
> paper merek "batu tiga biji" atau "daun bidara"...

Konsep
> Kitab Suci

melafadzkan nama

Planet

> [...]
421-236-5541 atas nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/2pRQfA/bOaOAA/yQLSAA/aYWolB/TM