Memang sulit Bang Wida,
itulah mengapa penting mensupport beragam penafsiran
agar bisa terlihat semua kemungkinannya...

Peristiwanya sama (cincin dibuka saat akan buang hajat).
Ada yang menafsirkan sbg. penghormatan thd (lafadz di ) cincin => LARANGAN
MEMBAWA SESUATU DG. LAFADZ ALLAH
Ada yang menafsirkan bahwa contoh Nabi itu agar cincin itu tidak kotor dan
untuk memudahkan urusan di WC.
Kemana cincinnya setelah di buka?
Bang Wida mengira ditaruh di luar area WC, saya mengira cincin itu dibawa
masuk ke "area WC"

Bagi saya,
yang namanya larangan itu harus jelas lafadz-nya, "Dilarang
bla..bla...bla..."
Jika tidak ada larangan, ya tidak...
jadi tinggal diskusi masalah kemaslahatan...
Pada diskusi tahap ini, apa-apa yang tidak dilarang dengan jelas, bisa jadi
dilarang atas dasar kemaslahatan...

Menurut hemat saya,
proses "menginterpretasikan" yang bang Wida lakukan,
dengan mengira-ngira, membuat asumsi-asumsi,
itu sama persis dengan yang dilakukan fuqaha dan para ulama.

Hanya mungkin secara akademik para ulama melakukannya dengan lebih
sistematis dan terstruktur.
Asumsi-asumsinya diuji kevalidannya.
Jika semuanya dirasakan valid, maka ulama itu menjadikannya fatwa...
Derajat kebenarannya, wallahua'lam...